Jakarta (ANTARA) - Sebanyak delapan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berkolaborasi meluncurkan platform kesehatan digital bernama FitAja! yang bertujuan memperluas dan meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

BUMN yang bersinergi tersebut adalah Mandiri Inhealth, Mandiri Capital Indonesia, Telekomunikasi Indonesia, Bio Farma, BRI Life, BNI Life, Axa Mandiri Financial Services, dan juga Pertamina Bina Medika IHC.

"Insya Allah dengan niat tulus, aplikasi ini akan bermanfaat untuk banyak orang," kata Menteri BUMN Erick Thohir dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Minggu.

Erick menjelaskan FitAja! adalah aplikasi hasil gotong royong BUMN untuk kesejahteraan rakyat Indonesia.

Sinergi BUMN yang bergerak di bidang healthcare bertujuan untuk mendukung pelaksanaan kebijakan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran COVID-19.

Menurutnya, semua aktivitas yang selama ini merepotkan pasien dan keluarganya terutama saat pandemi, seperti menelepon dokter, mengantre, mengisi form hingga membayar obat bisa dilakukan langsung melalui aplikasi tersebut.

"Saya harap ini tidak hanya gaung atau peluncuran saja, pastikan operasionalnya benar dan harus menjadi solusi serta pilihan masyarakat," ujar Erick.

Aplikasi FitAja! merupakan transformasi dari Mandiri Inhealth Mobile (MiMo) yang sudah digunakan oleh para peserta Mandiri Inhealth dan memiliki ekosistem kesehatan secara luas.

Aplikasi itu mempermudah masyarakat dalam menghadapi new normal karena cukup menggunakan ponsel pintar dan tanpa perlu ke luar rumah, sehingga risiko tertular virus akan sangat minim.

"Transformasi dan inovasi BUMN harus dirasakan rakyat. BUMN jangan pernah lelah melayani rakyat Indonesia," pungkas Erick.

FitAja! menawarkan beragam layanan dalam satu aplikasi mulai dari kebutuhan pemeliharaan kesehatan, pencegahan, pengobatan, dan memberikan kemudahan akses konsultasi kepada peserta, seperti telemedicine, e-resep, e-klaim, info provider, pesan dan antar obat, hingga gaya hidup sehat.

Aplikasi itu sudah bisa diunduh melalui Google Play Store dan Apple Store. Mereka yang dapat mengakses aplikasi tersebut khusus peserta korporasi asuransi Mandiri Inhealth yang selanjutnya dapat diakses oleh peserta korporasi asuransi BRI Life, BNI Life dan AXA Mandiri.

Baca juga: Erick Thohir: BUMN bagian ekosistem pelayanan kesehatan terpadu Covid
Baca juga: Kementerian BUMN dan Pertamedika bangun RS darurat perluasan Pelni
Baca juga: BUMN asuransi-dana pensiun bentuk institut riset dan pembelajaran

 

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021