Petugas BPJS SATU, selalu siap untuk membantu

Petugas BPJS SATU, selalu siap untuk membantu

Petugas BPJS SATU saat mendampingi pasien untuk mendapatkan pelayanan medis. ANTARA/HO-BPJS Kesehatan.

Jakarta (ANTARA) - BPJS Kesehatan terus menghadirkan inovasi terbaru sebagai upaya meningkatkan kepuasan peserta Program Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yakni dengan membentuk petugas BPJS SATU yang selalu siap untuk membantu.

"BPJS SATU yang merupakan singkatan dari BPJS Kesehatan Siap Membantu kepada peserta JKN-KIS di rumah sakit. BPJS SATU melalui petugas Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) di rumah sakit selalu berusaha hadir memberikan informasi dan penanganan pengaduan bagi peserta JKN KIS," ujar Kepala BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah, Sofly Kotambunan dalam keterangan tertulisnya, Jumat.

Sofly mengatakan tugas utama petugas PIPP bukan hanya sebatas memberikan informasi dan menangani pengaduan peserta JKN-KIS di rumah sakit, termasuk wajib memberikan penjelasan kepada petugas rumah sakit terkait pengaduan peserta.

"Misalnya membantu peserta JKN-KIS yang lupa membawa rujukan online, poli tujuan tidak sesuai, data peserta yang tidak sesuai, kartu tidak aktif serta menjelaskan denda keterlambatan membayar iuran dan lain-lain," kata dia.

Baca juga: Layanan JKN yang tak terhenti di kala pandemi

Baca juga: Layanan informasi pengaduan BPJS Satu! tetap berjalan meski pandemi


Menurutnya, manfaat keberadaan petugas PIPP di rumah sakit sangat dirasakan peserta dan petugas RS sebagai jembatan antara pasien dan pihak rumah sakit

Bertepatan dengan HUT ke-53 BPJS Kesehatan pada 15 Juli, petugas PIPP membagi-bagikan handuk kepada pasien yang tengah dirawat di RSUD Ampana, Sulawesi Tengah.

Sri Rahayu, salah satu pasien di RSUD Ampana, mengaku terbantu dengan hadirnya petugas BPJS SATU. Ia bercerita bahwa dirinya mendapatkan informasi yang diperlukan soal persalinan dan layanan lainnya.

"Dengan adanya inovasi BPJS SATU dengan petugas BPJS Kesehatan yang datang langsung menyapa kami di ruang perawatan, sangat membantu saya dan keluarga saat memerlukan tambahan informasi terkait pelayanan di rumah sakit seperti sekarang ini, kami sangat puas," kata Sri.

Selain inovasi BPJS SATU, BPJS Kesehatan juga menyediakan berbagai fasilitas inovasi untuk memudahkan peserta Program JKN-KIS mendapatkan akses layanan kesehatan di era pandemi saat ini.

Fasilitas tersebut di antaranya seperti layanan Chat Assistant JKN (CHIKA) yang bisa diakses melalui media WhatsApp, Telegram ataupun Facebook. Ada juga layanan Voice Interactive JKN (VIKA) yang dapat diakses melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500400.*

Baca juga: Satu keluarga di Cilegon terlindungi JKN-KIS saat sakit

Baca juga: Pemerintah satu suara soal keputusan iuran JKN sesuai Perpres 75 2019
Pewarta : Asep Firmansyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021