Bengkulu (ANTARA News) - Sebanyak 2.302 siswa Sekolah Menengah Pertama Terbuka di Bengkulu menerima bantuan biaya pendidikan masing-masing senilai Rp450 ribu dari Kementerian Pendidikan Nasional.

"Bantuan tersebut untuk meningkatkan semangat belajar anak kurang mampu," kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu Ardin Syayudi, Kamis.

Bantuan senilai Rp450 ribu untuk satu tahun, telah diterimakan langsung oleh siswa melalui PT Pos Indonesia, menggunakan wesel pos yang dialamatkan kepada siswa bersangkutan.

Siswa yang mendapat bantuan dana tersebut sebanyak 2.302 orang dari kalangan siswa kurang mampu yang tersebar di sembilan daerah kabupaten/kota di Bengkulu, katanya.

"Bantuan tersebut berupa beasiswa senilai Rp300 ribu dan bantuan operasional siswa sebesar Rp150 ribu. Dengan bantuan itu, diharapkan mereka dapat termotivasi dan kelak bisa lulus SMP terbuka," sebutnya.

Biaya itu telah disalurkan kepada siswa yang berhak melalui usulan sekolah yang ada sebanyak 29 unit terdapat di Kabupaten Seluma, Lebong, Muko muko dan Kaur masing-masing sebanyak 1 unit, Kabupaten Bengkulu Tengah terdapat 3 unit, Bengkulu Utara 5 unit.

Sementara SMP terbuka lainnya terdapat di Kabupaten Kepahiang sebanyak 5 unit, Rejang Lebong 9 unit, serta Kota Bengkulu yang mencapai 3 unit, semua sekolah tersebut mendapatkan siswa yang menerima.

Ia mengatakan, tujuan bantuan dana pendidikan itu untuk meningkatkan daya belajar siswa kurang mampu, sehingga tidak ditemukannya siswa tingkat dasar mengalami putus sekolah.

Selain bantuan terhadap siswa SMP terbuka untuk meningkatkan motivasi dan semangat bersaing, juga disalurkan bantuan beasiswa lainnya terhadap siswa kurang mampu dan kepada pelajar yang berprestasi tingkat nasional dan provinsi.

"Pemerintah memberikan kesempatan yang seluasnya bagi segenap masyarakat terutama keluarga miskin yang ingin mengenyam pendidikan dengan bantuan beasiswa tersebut," katanya. (ANT-150/K004) 

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010