Sudin KPKP Jaktim temukan cacing hati pada sapi kurban di Pasar Rebo

Sudin KPKP Jaktim temukan cacing hati pada sapi kurban di Pasar Rebo

Petugas Sudin KPKP Jakarta Timur melakukan pengecekan kelayakan daging kurban di Pasar Rebo, Jakarta, Rabu (21/7/2021). ANTARA/HO-Sudin KPKP Jaktim.

Jakarta (ANTARA) - Petugas Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan menemukan cacing hati pada sapi kurban saat melakukan peninjauan pelaksanaan penyembelihan di Masjid Al Akhyar, Pasar Rebo, Rabu.

Petugas Pengawas Hewan Kurban Sudin KPKP Jakarta Timur, Zakiatun Muhamad mengatakan  total menemukan seberat tujuh kilogram cacing hati dari dua sapi kurban yang disembelih.

Baca juga: Pemkot Jaksel sebar 1.600 "bongsang'' daging hewan kurban

"Dari hasil pemeriksaan kita temukan penyakit dari organnya, kita temukan cacing hati dan hatinya kita pilih yang tidak kena. Kita tidak ambil, kurang lebih kita temukan sekitar tujuh kiloan," kata Zakiatun Muhamad.

Zakiatun menambahkan selanjutnya petugas Sudin KPKP Jakarta Timur dan panitia penyembelihan hewan kurban langsung memusnahkan hati sapi yang ditemukan cacing tersebut.

Baca juga: 60 hewan kurban disembelih di kantor Wali Kota Jaksel pada Rabu

"Semua kita periksa mulai dari jantung, paru, hati, limpa, ginjal dan jeroan lainnya. Tujuannya untuk memastikan bahwa organ tersebut layak dikonsumsi," ujar Zakiatun.

Sementara itu, Sekretaris Masjid Al Akhyar, Pasar Rebo, Rofi Udin mengatakan pihaknya menerima sebanyak tujuh ekor sapi dan delapan ekor kambing pada Idul Adha tahun ini.

Baca juga: 2.564 hewan kurban disembelih di 166 lokasi di Jakarta Utara

Dia menambahkan bahwa nantinya daging kurban tersebut akan dibagikan kepada kurang lebih 1.000 warga di wilayah tersebut.

"Ada sekitar 1.000 lebih untuk yang menerimanya. Ada peningkatan sangat signifikan karena panitia memberikan data lebih banyak," ujar Rofi Udin.
Pewarta : Yogi Rachman
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021