Jakarta (ANTARA) - Aflah Fadlan Prawira merupakan salah satu dari dua atlet renang Indonesia yang dikirim membela Merah-Putih pada Olimpiade Tokyo 2020 selain Azzahra Permatahani.

Baik Zahra dan Fadlan, lolos ke Tokyo 2020 dengan status "wildcard" setelah mengumpulkan poin dari seleksi tahap akhir Indonesia Olympic Trial (IOT) yang berlangsung di Stadion Akuatik GBK 19-20 Juni.

Pelaksanaan IOT sendiri merupakan syarat dari Federasi Renang Intenasional (FINA) untuk bisa mengirimkan wakil negara berkompetisi di Olimpiade.

Meski menyandang status "wildcard", atlet kelahiran Cirebon 13 November 1997 ini punya catatan prestasi yang tak bisa dipandang sebelah mata.
 
Aflah Fadlan Prawira sukses menembus tiket Olimpiade Tokyo setelah mencatatkan waktu terbaik pada seleksi akhir Indonesia Olympic Trail di Stadion Aquatik Gelora Bung Karno Jakarta, 19-20 Juni 2021. (ANTARA/HO-KONI Kabupaten Bekasi)


Baca juga: Dua perenang Indonesia kantongi wild card ke Olimpiade Tokyo

Pada Pekan Olahraga Nasional XIX Jawa Barat 2016, Fadlan menjadi atlet penyumbang emas pertama bagi provinsinya dari renang nomor 400 meter gaya bebas putra.

Saat berusia 14 tahun (2011) Fadlan mencatatkan rekor sebagai perenang nasional yang bisa menempuh jarak 400 meter dalam waktu kurang dari menit. Lalu satu tahun berikutnya, ia mampu melahap jarak 1.500 meter kurang dari 16 menit.

Pada tahun 2014, Fadlan masuk dalam pemusatan latihan Asian Games 2014 di Incheon Korea Selatan. Fadlan menjadi atlet renang termuda dalam pelatnas, serta yang paling minim pengalaman internasional karena baru satu kali mengikuti ajang "Asean Age Swimming Championship" di Brunei 2013.

Fadlan juga hampir saja mewakili Indonesia di Olimpiade Rio 2016. Bersama Ricky Anggawijaya, Fadlan sempat dikirim ke Paris, Prancis untuk berlatih selama dua bulan. Namun sayang Fadlan dan Ricky batal dikirim ke ajang pesta olahraga terbesar di dunia itu.

Meski tak lolos ke Rio, Fadlan memberikan performa memukau saat berlaga di Asian Games 2018 di Jakarta. Ia meraih rekor nasional di nomor 1.500 meter gaya bebas putra dengan waktu 15 menit 24.59 detik.

Di tahun yang sama, Fadlan meraih dua medali emas "2nd Indonesia Open Aquatic Championship" di GBK Aquatic Stadium bulan Desember 2018. Fadlan menjadi perenang tercepat di nomor 200 meter gaya bebas putra dan 200 meter gaya kupu-kupu putra.

Baca juga: Fadlan Prawira kembali borong dua emas IOAC 2018

Selanjutnya dalam SEA Games ...

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021