Sleman gelar Tebar Kurban di masjid yang belum pernah sembelih sapi

Sleman gelar Tebar Kurban di masjid yang belum pernah sembelih sapi

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa menyerahkan hewan kurban sapi pada kegiatan Tebar Kurban dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1442 H. ANTARA/HO-Humas Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Badan Amil Zakat Nasional Sleman pada Hari Raya Idul Adha 1442 H melakukan Tebar Kurban di sejumlah masjid dan mushala yang selama ini belum pernah menyembelih kurban sapi, Rabu.

Pada tahun ini, kegiatan Tebar Kurban dilakukan di lima titik yaitu Kapanewon (Kecamatan) Minggir, Sleman, Seyegan, Tempel dan Prambanan dan dihadiri secara langsung Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa.

Wakil Ketua III (Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Pelaporan) Baznas Sleman Muhyi Darmaji mengatakan bahwa Tebar Kurban yang merupakan program Sleman Peduli dari Baznas Sleman yang menyasar masjid dan mushala di wilayah Kabupaten Sleman yang belum pernah melakukan kurban sapi.

"Tebar Kurban ini merupakan kegiatan rutin yang telah memasuki tahun keempat dalam pelaksanaannya. Hampir seluruh kecamatan kita 'sowani' (kunjungi) untuk mengalokasikan kurban bagi masjid dan mushala yang belum pernah menyembelih sapi sebagai hewan kurban," katanya.

Baca juga: Baznas Yogyakarta masih buka pendaftaran kurban di RPH Giwangan

Baca juga: Baznas Jakarta Timur distribusikan bongsang untuk daging kurban


Menurut dia, pada 2021, Baznas Sleman menyiapkan Rp112 juta untuk dialokasikan dalam program tebar kurban.

"Dana tersebut dapat memenuhi program Tebar Kurban di lima lokasi dengan jumlah sapi satu ekor setiap lokasinya," katanya.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa menyampaikan apresiasinya kepada Baznas Sleman yang telah berkomitmen dan berperan dalam kegiatan tersebut.

"Kami masih bersyukur tentunya di tengah adanya pandemi COVID-19 ini masih tetap bisa melaksanakan kurban bersama masyarakat. Walaupun dengan segala keterbatasan dalam penyelenggaraannya dikarenakan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, semoga tidak mengurangi sedikitpun esensi dari kegiatan ini," katanya.

Dalam pelaksanaan kegiatan Tebar Kurban, Danang Maharsa melakukan peninjauan di dua lokasi yaitu pertama di Mushala Sugiyatmi, Mangsel Kamal, Margomulyo, Seyegan dan lokasi kedua yaitu Masjid Nurul Jihad, Pranan, Sendangsari, Minggir.

Di samping itu, Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa juga meninjau pelaksanaan kurban bersama dengan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman di wilayah Gentingan, Sidoagung, Godean.*

Baca juga: Baznas buat terobosan layanan kurban daring berbentuk kemasan

Baca juga: Pemkot Jaksel dan Baznas salurkan ribuan "bongsang" untuk kurban
Pewarta : Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021