Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 2.564 hewan kurban disembelih di 166 lokasi di enam kecamatan di Jakarta Utara pada Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah, Selasa.

Kepala Suku Dinas (Kasudin) Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Utara, Unang Rustanto mengatakan, hewan kurban terbanyak ada di Kecamatan Cilincing dengan jumlah 737 ekor.

"Total ada 2.564 hewan kurban yang dipotong hari ini. Terbanyak di Kecamatan Cilincing dengan jumlah 737 ekor," kata Unang.

Secara rinci, 2.564 hewan kurban terdiri atas 1.622 kambing, 827 sapi dan 115 domba.
Di Kecamatan Cilincing dilakukan penyembelihan 256 sapi, 464 kambing dan 17 domba di 35 tempat pemotongan hewan.

Kecamatan Koja dilakukan penyembelihan 170 sapi, 337 kambing dan 21 domba di 43 tempat pemotongan hewan. Di Kecamatan Kelapa Gading dilakukan penyembelihan 158 sapi, 341  kambing dan sembilan domba di 19 tempat pemotongan hewan.

Di Kecamatan Tanjung Priok dilakukan penyembelihan 133 sapi, 235 kambing dan empat domba di 38 tempat pemotongan hewan.
Di Kecamatan Penjaringan dilakukan penyembelihan 58 sapi, 129 kambing dan 61 domba di 15 tempat pemotongan hewan.

Di Kecamatan Pademangan dilakukan penyembelihan 52 sapi, 116 kambing dan tiga domba di 16 tempat pemotongan hewan.

Baca juga: Polrestro Jakarta Utara kurban 103 kambing dan 21 sapi

Sementara itu, Kelompok Kerja Jurnalis Jakarta Utara (JJU) ikut mendistribusikan 100 paket daging hewan kurban kepada warga sekitar Jalan Lodan Raya, Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

 Ketua JJU Nurmansyah mengatakan penyembelihan dan penyaluran paket daging hewan kurban tersebut dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Pembagian daging di halaman Pintu Air Flushing Ancol dengan menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan menjaga jarak, pemotongan juga hanya dihadiri oleh panitia saja, tidak berkerumun," kata Nurmansyah.

Selain dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah, pembagian hewan kurban itu juga untuk membantu meringankan beban warga akibat pandemi COVID-19.

Baca juga: Penyembelihan kurban di Jakarta Timur telah terapkan prokes

Dia mengatakan, total ada 100 paket daging kurban yang dibagikan kepada warga. Jumlah tersebut diperoleh dari pemotongan empat kambing.

Ia merinci, tiga ekor kambing merupakan pemberian dari Polres Metro Jakarta Utara, sementara seekor lainnya dari Pemerintah Kota Jakarta Utara.

"Ini merupakan kolaborasi dengan Polres Metro Jakarta Utara dan Wali Kota Jakarta Utara. Kami membagikan 100 bungkus daging kurban kepada warga," katanya.

Untuk itu, ia berterima kasih kepada pihak-pihak yang berkolaborasi dalam kegiatan tersebut.
"Semoga apa yang sama-sama kita berikan bisa membantu warga menghadapi masa-masa sulit ini," kata Odoy, panggilan akrabnya.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021