Ditjenpas serahkan sapi kurban Menkumham ke Lapas Cipinang

Ditjenpas serahkan sapi kurban Menkumham ke Lapas Cipinang

Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menyerahkan sapi kurban dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly kepada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Cipinang. (ANTARA/Ho-Humas Ditjenpas)

Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menyerahkan sapi kurban dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly kepada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Cipinang.

"Semoga dalam perayaan kurban ini dapat meningkatkan kerukunan dan membawa keberkahan di antara kita semua" kata Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham Reynhard Silitonga melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Penyerahan hewan kurban merupakan hal yang senantiasa dilaksanakan setiap tahun dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha bagi seluruh umat Muslim khususnya di Lapas Kelas I Cipinang.

Baca juga: Kejagung salurkan 18 ekor sapi kurban untuk masyarakat dan pegawai

Reynhard mengatakan perayaan Idul Adha tahun ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya karena masih dalam situasi pandemi COVID-19.

Meskipun di tengah pandemi, ia menyakini tidak akan mengurangi semangat umat Islam untuk melaksanakan kewajiban berkurban, khususnya bagi seluruh jajaran Pemasyarakatan yang juga melaksanakan hal yang sama di Lapas dan rumah tahanan negara di Tanah Air.

Sementara itu, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Cipinang Tonny Nainggolan menyampaikan terima kasih kepada Menkumham atas pemberian hewan kurban.

"Semoga dengan hewan kurban ini dapat meningkatkan iman dan membawa keberkahan bagi kita semua serta mendapat rida kepada Tuhan Yang Maha Esa," ujar Tonny.

Kemenkumham sebelumnya mengeluarkan surat edaran tentang ketentuan pembatasan perjalanan orang dalam negeri, penyelenggaraan malam takbiran, shalat Idul Adha dan kurban di masa PPKM darurat untuk lingkup instansi tersebut.

Unit utama dan kantor wilayah yang berada di seluruh kabupaten dan kota dengan kriteria level tiga dan empat cakupan PPKM darurat Jawa dan Bali, dalam hal peribadatan di tempat ibadah, malam takbiran, pelaksanaan Shalat Idul Adha ditiadakan sementara waktu.

Baca juga: Gubernur Ali Mazi: Idul Adha momen perkuat solidaritas tekan COVID-19
Baca juga: Pupuk Indonesia salurkan hewan kurban Idul Adha 1442 H
Pewarta : Muhammad Zulfikar
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021