Jakarta (ANTARA) - Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini menilai Idul Adha 1442 H merupakan momentum bagi seluruh elemen bangsa Indonesia memperkokoh semangat kepahlawanan sosial khususnya di masa pandemi COVID-19.

Karena itu menurut dia, partainya melaksanakan Program Nasional PKS Tebar 1 Juta Qurban sebagai wujud kepedulian terhadap sesama di masa pandemi COVID-19.

"Program Nasional PKS Tebar 1 Juta Qurban sesuai arahan Ketua Majelis Syuro PKS Habib Salim Segaf Aljufri sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT dan berbagi kepedulian kepada sesama di masa pandemi. Melalui program ini, PKS mengajak seluruh elemen bangsa untuk mengokohkan semangat kepahlawanan sosial," kata Jazuli dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Tidak ada RPH, Sudin KPKP Jakpus imbau penyembelihan sesuai prokes

Hal itu dikatakan Jazuli saat meresmikan pemotongan hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Pondok Rajeg Depok dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, pada Selasa (20/7). Kegiatan tersebut sebagai bagian dari Program Nasional PKS Tebar 1 Juta Qurban pada Hari Raya Idhul Adha 1442 H.

Dia menjelaskan mulai Selasa hingga tiga hari ke depan seluruh pejabat publik PKS, struktur dan kader-kader PKS menyelenggarakan pemotongan hewan kurban di RPH dan berbagai tempat dengan tetap memperhatikan prokes dan selanjutnya mendistribusikan daging kurban kepada masyarakat.

Jazuli berharap program PKS itu dapat dirasakan masyarakat luas dan menjadi gerakan kolektif yang memperkuat imunitas dalam menghadapi pandemi COVID-19.

"Melalui semangat kurban kita kokohkan kepedulian dan kepahlawanan sosial," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Jazuli didampingi Wakil Walikota Depok yang juga merupakan Ketua DPD PKS Depok Imam Budi Hartono dan Ketua DPRD Kota Depok Yusufsyah Putra.

Sebelumnya, pada Senin (18/7), Ketua Majelis Syuro PKS Habib Salim Segaf Aljufri menyampaikan orasi kebangsaan menyambut Idul Adha yang menginstruksikan kepada jajaran PKS untuk mempelopori kepedulian dan kepahlawanan sosial melalui ibadah kurban.

Baca juga: Jusuf Kalla doakan korban COVID-19 pada Hari Raya Idul Adha

Salim mengajak seluruh komponen bangsa untuk meneladani Nabiyulloh Ibrahim yang mengajarkan keikhlasan, ketulusan, dan kesiapan dalam memenuhi panggilan pengorbanan.

Menurut dia, di tengah pandemi, banyak masyarakat yang berada di garis depan kemanusiaan menolong korban COVID-19 seperti para dokter, tenaga kesehatan, perawat, petugas pemulasaran jenasah, penggali kubur, sopir ambulans pengantar pasien dan jenazah.

Untuk itu Habib Salim mengajak kepada segenap masyarakat untuk bangkit bergerak dalam semangat Idul Adha ini untuk membantu sesama, berbagi kepedulian, kebersamaan dan gotong royong.

Dia menyerukan kepada para pemimpin saatnya menunjukkan cinta kepada rakyat dengan totalitas berpihak pada kepentingan rakyat daripada politik kekuasaan untuk menyelamatkan rakyat dari wabah COVID-19.

Baca juga: FPKS minta pemerintah kerja keras setelah berlakukan PPKM Daruratror

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021