Pemkab Kulon Progo lakukan vaksinasi mobile ke desa-desa

Pemkab Kulon Progo lakukan vaksinasi mobile ke desa-desa

Sekretaris Daerah (Sekda) Kulon Progo Astungkara. ANTARA/Sutarmi.

Kulon Progo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai melayani vaksinasi mobile ke kantor-kantor desa untuk mempercepat realisasi sasaran vaksinasi sebanyak 335.122 jiwa.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kulon Progo Astungkara di Kulon Progo, Senin, mengatakan sejak satu minggu yang lalu, dengan segala keterbatasan jumlah vaksinator mulai melayani vaksinasi di kantor-kantor desa dalam rangka mendekatkan pelayanan kepada sasaran vaksin.

"Saat ini, sudah ada beberapa petugas Puskesmas melayani vaksinasi di balai desa. Harapannya mendekatkan pelayanan kepada sasaran vaksin, tapi juga dalam rangka percepatan realisasi sasaran vaksin," kata Astungkara.

Baca juga: Kasau tinjau Serbuan Vaksin di Markas Satbravo 90

Ia mengatakan beberapa waktu lalu, vaksinasi di Puskesmas banyak antrean panjang dan terjadi kerumuman. Saat ini, sesuai arahan pemerintah pusat, vaksinasi mobile harus ditingkatkan, sehingga diharapkan kekebalan tubuh mereka bisa terbentuk dan tak lagi rentan tertular virus yang tengah menjadi pandemi ini.

Saat ini, TNI dan Polri dikerahkan untuk melayani vaksinasi mobile ini. Jadi, ketika TNI dan Polri memiliki alokasi vaksin yang diberikan kepada masyarakat, itu dalam rangka mempercepat vaksinasi masyarakat.

Baca juga: Menkes sambut hangat bantuan 1.000 tabung oksigen dari Shopee

"Kita memang harus jemput bola, kalau tidak begitu tidak semua warga akan mendapatkan vaksinasi," katanya.

Lebih lanjut, Astungkara berharap masyarakat secara sukarela mendaftarkan diri untuk dilakukan vaksinasi.

"Kesuksesan vaksinasi tergantung masyarakat," katanya.

Baca juga: Menkes: vaksin gotong royong berbayar adalah opsi

Berdasarkan data capaian vaksinasi di Kulon Progo hingga 12 Juli 2021, tenaga kesehatan sebesar 99,36 persen atau 3.282 dari 3.463 sasaran, pelayanan publik 105,48 persen atau 24.682 dari 23.414 sasaran dan lansia 27,08 persen atau 21.179 dari 78.421 sasaran.

Kemudian masyarakat rentan sebesar 18,52 persen atau 8.515 dari 45.965 sasaran dan masyarakat umum 5,79 persen atau 10.662 dari 183.859 sasaran.

Sementara itu, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kulon Progo Fajar Gegana memohon kepada Dinas Kesehatan Kulon Progo, TNI dan Polri untuk bersama-sama menyukseskan pelaksanaan vaksinasi.

"Sistemnya nanti jemput bola atau seperti apa asalkan tidak dalam satu tempat agar tidak berkerumun," katanya.

Pewarta : Sutarmi
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021