Banda Aceh (ANTARA) - Banjir hingga Minggu masih meliputi sebagian wilayah Kabupaten Aceh Besar di Provinsi Aceh menurut Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA).

Kepala Pelaksana BPBA Ilyas di Banda Aceh, Minggu, mengatakan bahwa pada Jumat (9/7) banjir terjadi di lima wilayah kecamatan di Kabupaten Aceh Besar.

“Kondisi terakhir air sudah surut di Kecamatan Leupung dan Lhoong," katanya, menambahkan, dengan demikian ada tiga kecamatan yang masih menghadapi banjir.

"Cuaca hari ini berawan namun berpeluang hujan kembali sehingga warga perlu waspada,” katanya.

Menurut dia, genangan sudah mulai surut di Gampong Brayeun di Kecamatan Leupung serta Gampong Lamsujen, Pudeng, dan Krueng Kala di Kecamatan Lhoong.

Namun Gampong Ajeun, Lamgeumok, dan Lam Hasan di Kecamatan Peukan Bada; Gampong Lampasi Engking, Garot, Gue Gajah, dan Pasie Beutong di Kecamatan Darul Imarah; serta Gampong Lhang di Kecamatan Darul Kalam wilayahnya masih tergenang.

Menurut Ilyas, 141 rumah di Peukan Bada, 36 rumah di Darul Kamal, dan 309 rumah di Darul Imarah tergenang akibat banjir.

“Total rumah warga yang terendam banjir 486 unit. Korban terdampak sebanyak 457 kepala keluarga, dan pengungsi 66 KK tersebar di Kecamatan Peukan Bada, Darul Imarah, dan Darul Kamal,” katanya.

“Tidak ada laporan korban jiwa dalam bencana alam ini,” ia menambahkan.

Ilyas mengatakan bahwa tempat pengungsian sudah disiapkan di kompleks SD Garot dan Ma’had Darul Tahfiz Al Ikhlas bagi warga yang rumahnya terdampak banjir.

“Kita juga menyediakan satu perahu fiber yang ditempatkan di Garot untuk evakuasi warga bila debit air bertambah,” katanya.

Baca juga:
Hujan deras memicu banjir di empat wilayah kecamatan di Aceh Besar

58 keluarga di Aceh Besar mengungsi akibat banjir

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2021