Gunungsitoli (ANTARA) - Gempa berkekuatan magnitudo 5,6 yang berpusat di 75 kilometer, Barat Laut Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara, Sabtu terasa hingga Kota Gunungsitoli.
 

Hingga saat ini belum ada informasi ada kerusakan yang disebabkan gempa yang terjadi, Sabtu sekitar pukul 09.41 WIB tersebut.
 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nias Utara Herman Zebua melalui grup Whasapp Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Gunungsitoli memberitahu jika getaran gempa terasa di Nias Utara tetapi tidak menimbulkan kepanikan.
 

Sedangkan getaran gempa di Kota Gunungsitoli ada sebagian warga yang tidak merasakan getaran gempa.
 

"Saya tidak ada merasakan gempa, mungkin gempa lokal itu," ucap Kristian salah seorang warga Gunungsitoli.
 

Namun sebagian besar merasakan getaran gempa bahkan ada warga yang panik dan lari sambil memberitahu tetangga kalau ada gempa.
 

Berdasarkan keterangan BMKG Gunungsitoli yang dilansir di grup BMKG, diketahui jika kekuatan gempa yang terjadi, Sabtu sekitar pukul 09.42 WIB adalah magnitudo 5,6.
 

Gempa yang berpusat 75 km barat laut Nias Utara, 84 km tenggara Sinabang-Aceh, 109 km Barat Daya Kabupaten Aceh Singkil, 268 km Barat Daya Medan dan 1423 km Barat Laut Jakarta tidak berpotensi tsunami.



Baca juga: Gempa magnitudo 5,6 guncang Nias Utara

Baca juga: Gempa magnitudo 5,1 Nias Barat tidak berpotensi tsunami

Baca juga: Nias Barat hadapi 36 gempa susulan

 

Pewarta: Juraidi dan Irwanto
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021