Jakarta (ANTARA) - Selain menerapkan protokol kesehatan secara ketat, menjaga pola hidup sehat merupakan langkah baik untuk menghadapi pandemi COVID-19. Menambah asupan nutrisi harian dengan buah dan sayuran semakin penting untuk meningkatkan imunitas dan kebugaran tubuh. Selain sumber vitamin, buah dan sayuran juga kaya mineral dan serat untuk menjaga tubuh yang sehat.

Simak rekomendasi jus buah dan sayuran yang bisa Anda nikmati di rumah selama Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga akhir Juli, dikutip dari siaran resmi Wiki Wiki Juice & Health Bar.

Green Juice

Tahukah Anda bahwa sayuran akan kehilangan sebagian dari nutrisinya setelah dimasak? Coba buat jus hijau dari seledri dan pakcoy yang mengandung kadar vitamin A, C, & K yang sangat tinggi dengan segudang manfaat, seperti menjaga kesehatan mata dan jantung, menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi, meningkatkan imunitas tubuh, serta melancarkan pencernaan.

Anda yang tidak suka sayur bisa memilih jus dengan campuran buah-buahan seperti nanas, dan jeruk, atau nanas, dan apel. Dengan nutrisi yang seimbang dan rasa yang enak, pilihan tersebut juga dapat menjadi solusi orangtua untuk asupan si kecil yang sulit menyantap hidangan sayur.

Jahe & Kunyit

Warisan alam Indonesia seperti jahe dan kunyit bisa meningkatkan imunitas tubuh, melawan infeksi virus, dan juga efektif mengatasi radang. Kaya akan anti-inflamasi dan anti-radang, jahe dan kunyit telah digunakan berabad-abad sebagai pengobatan herbal untuk berbagai penyakit kronis. Anda bisa coba memadukannya dengan wortel, apel, jeruk, bit dan lemon untuk mendapat rasa baru.

Buah Bit

Buah bit yang memiliki rasa yang manis, memiliki kandungan zinc yang tinggi. Zinc merupakan mineral penting yang sangat dibutuhkan pada masa pandemi. Kekurangan zinc dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap serangan penyakit. Sifat antiviral dalam zinc dapat melawan infeksi virus serta memperbaiki sel imun dalam tubuh. Untuk mendapat variasi rasa, coba campurkan buah bit, apel, nanas dan jahe atau buah bit dengan jahe, wortel, apel dan jeruk. Atau coba kombinasikan buah bit dengan apel, wortel dan lemon.

Baca juga: Resep Lebaran - Jus kurma leci

Baca juga: Cara mudah konsumsi menu sehat dengan "slow juicer"

Baca juga: Membuat jus dan smoothie dengan aman tanpa kehilangan nutrisi

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021