Jerman Barat menjadi juara dunia di Swiss setelah mengakhiri rekor tak terkalahkan Hongaria dalam 31 pertandingan. Final yang akan selalu dikenang sebagai 'Miracle of Berne".

Unggul lewat dua gol cepat di menit ke enam dan delapan, Hongaria sepertinya akan mengulang kenangan di babak penyisihan grup dua ketika mereka mempermalukan Jerman Barat 8-3.

Tetapi kemenangan itu tidak bertahan lama. Menit 10 dan 18 dua gol Jerman membalas tantangan Hongaria. Lalu di menit 84 terjadilah keajaiban yang akan mengukir nama Helmut Rahn selamanya di sejarah sepak bola dunia. Ia mencetak gol kemenangan yang mengembalikan harga diri Jerman Barat.

Antiklimaks bagi 'The Magical Magyars', tim paling produktif di babak penyisihan itu. Mereka mencatat rekor 17 gol hanya dalam fase grup setelah membabat Korea Selatan 9-0.

Ferenc Puskas, Sandor Kocsis dan Nandor Hidegkuti adalah tiga algojo Hongaria yang paling bertanggung jawab dalam setiap pembantaian itu. Mereka menjadi bagian tim yang paling produktif dalam sejarah Piala Dunia dengan torehan 54 gol dalam satu turnamen.

Piala Dunia Swiss 1954 pun akan selalu dikenang sebagai Piala Dunia dengan gol terbanyak dalam sejarah. Total 140 gol tercipta dalam 26 pertandingan, rata-rata lima gol dalam satu pertandingan.

Rekor gol terbanyak tercipta dalam pertandingan antara tuan rumah Swiss melawan Austria di babak perempat final. Pertandingan itu berakhir dengan skor 7-5 untuk kemenangan Austria. (*)

Copyright © ANTARA 2010