Mereka seharusnya bergabung dengan kami dalam perang melawan terorisme,
Manila (ANTARA) - Sedikitnya 29 orang tewas pada Minggu ketika sebuah pesawat Angkatan Udara Filipina yang membawa pasukan jatuh saat mendarat dan terbakar, yang merupakan bencana udara militer terburuk di negara itu dalam hampir 30 tahun.

Foto-foto dari tempat kejadian menunjukkan api dan asap mengepul dari puing-puing yang berserakan di antara pepohonan saat orang-orang berseragam tempur berlalu-lalang, sementara asap hitam tebal membubung dari pohon kelapa ke langit.

Pesawat angkut Lockheed C-130 yang membawa pasukan menuju operasi kontra pemberontakan jatuh dengan 96 penumpang di Patikul di Provinsi Sulu.

Dua puluh sembilan mayat telah diambil dan 50 orang telah dibawa ke rumah sakit, sementara 17 orang lainnya belum ditemukan, kata militer dalam sebuah pernyataan, seraya menambahkan masih ada harapan untuk selamat.

Baca juga: UAV Amerika Serikat dipastikan jatuh di Filipina
Baca juga: Pesawat jatuh di daerah kumuh Filipina, 13 tewas


"Sejumlah tentara terlihat melompat keluar dari pesawat sebelum menyentuh tanah, menyelamatkan mereka dari ledakan yang disebabkan oleh kecelakaan itu," kata Satuan Tugas Gabungan Sulu, dalam pernyataannya.

Kepala militer Cirilito Sobejana mengatakan pesawat itu "kehilangan landasan pacu untuk mencoba mendapatkan kembali kekuatan".

Seorang juru bicara militer, Kolonel Edgard Arevalo, mengatakan tidak ada tanda-tanda serangan terhadap pesawat, tetapi penyelidikan kecelakaan belum dimulai dan upaya difokuskan pada penyelamatan dan perawatan.

Komando militer mengatakan para prajurit di atas pesawat tersebut berpangkat prajurit, dan sedang dikerahkan ke batalyon mereka. Mereka terbang ke bandara Provinsi Jolo dari Laguindingan, sekitar 460 kilometer ke arah timur laut.

"Mereka seharusnya bergabung dengan kami dalam perang melawan terorisme," kata Komandan William N. Gonzales dari Satuan Tugas Gabungan Sulu.

Tentara di kepulauan Filipina yang luas telah berperang lama melawan militan Islam dari Abu Sayyaf dan faksi lainnya.

Pulau Jolo berjarak sekitar 950 kilometer selatan Ibu Kota Manila.

Pesawat Lockheed C-130H Hercules, dengan registrasi 5125, baru saja tiba di Filipina.

Mengutip situs resmi pemerintah yang diunggah pada Januari, itu adalah salah satu dari dua pesawat yang disediakan oleh pemerintah Amerika Serikat melalui Badan Kerja Sama Keamanan Pertahanan. Pesawat itu akan difungsikan untuk meningkatkan kemampuan misi pengangkutan udara berat.

Laman C-130.net mengatakan pesawat yang jatuh pertama kali diterbangkan pada 1988. Model tersebut adalah kendaraan  bagi angkatan bersenjata di seluruh dunia.

Angkatan bersenjata Filipina memiliki catatan keamanan udara yang tidak merata. Bulan lalu sebuah helikopter Black Hawk jatuh selama misi pelatihan, menewaskan enam orang.

Kecelakaan C-130 Angkatan Udara Filipina pada 1993 menewaskan 30 orang. Sebuah kecelakaan pada 2008 dari varian sipil dari pesawat Lockheed yang diterbangkan oleh Angkatan Udara Filipina menewaskan 11 orang, kata Jaringan Keselamatan Penerbangan.

Kecelakaan pesawat terburuk di negara itu adalah Boeing 737 Air Philippines pada 2000, yang menewaskan 131 orang.

Sumber: Reuters

Baca juga: Pesawat militer Filipina jatuh, 17 orang dilaporkan tewas
Baca juga: Pesawat militer AS jatuh di laut Filipina, tiga orang hilang

Penerjemah: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021