Jakarta (ANTARA) - Restoran, kafe serta pedagang kaki lima di lokasi sendiri maupun di dalam pusat perbelanjaan kembali harus menyesuaikan diri selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa dan Bali selama periode 3-20 Juli 2021.

Tidak boleh ada pengunjung yang makan di tempat, hanya layanan pesan antar yang bisa dilakukan dan itulah yang akan digencarkan oleh para pebisnis.

Catherine Halim, co-founder dan Marketing Director KISAKU, mengungkapkan kedai kopi yang dirintis bersama aktris Raline Shah itu turut terdampak.

"Sebagai brand baru hampir dua tahun, 1,5 tahun dijalankan di tengah pandemi," katanya dalam konferensi pers daring, Jumat.

Baca juga: Tiga menu steak baru untuk aktivitas di rumah selama PPKM darurat

Baca juga: Koleksi busana hasil racikan kolaborasi kopi dan fesyen


PPKM Darurat ini turut membatalkan rencananya memamerkan busana-busana hasil kolaborasi dengan jenama Shop At Velvet yang baru diluncurkan di kedai mereka agar bisa dilihat langsung oleh konsumen sebelum memutuskan untuk membelinya secara daring.

 Sama seperti brand-brand minuman lain, sejak pandemi tahun lalu kedai kopi itu telah memperkenalkan sejumlah minuman dalam ukuran botol besar yang bisa dinikmati konsumen di rumah melalui layanan pesan antar.

Penerapan PPKM Darurat pun hampir bersamaan dengan peluncuran menu baru dari Steak Hotel by Holycow!, hasil kolaborasi dengan pencinta daging ternama, Dimas Ramadan alias Dimsthemeatguy.

Pendiri Steak Hotel by Holycow!, Wynda Mardio, mengaku sedih karena waktunya hampir berbarengan dengan tiga menu teranyar, tapi dia tetap optimistis karena penyuka daging bisa mendapatkannya meski tak bisa makan langsung di restoran.

"Bisa pesan secara daring," katanya.

Dia menegaskan pihaknya akan selalu mematuhi apa yang ditetapkan oleh pemerintah.

"Sejak PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) tahun lalu, kami sudah sangat mengikuti anjuran pemerintah," kata Wynda di peluncuran menu baru secara virtual, Jumat.

Dia mengatakan seluruh gerai sudah dilengkapi protokol kesehatan dan mendapat sertifikat CHSE (Kebersihan, Kesehatan, Keamanan, Kelestarian Lingkungan) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk memberi kenyamanan dan rasa aman kepada masyarakat.

"Karyawan secara berkala tes swab dan selalu pakai masker," imbuh dia.

Baca juga: Polda Metro ancam sita sepeda warga yang melanggar PPKM Darurat

Baca juga: "Dari Pada by Hangry" sampaikan pesan lewat minuman kesukaan

Baca juga: Restoran 1945 di hotel bintang lima sudah dapat sertifikasi halal

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021