Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - Sebanyak 62 orang tenaga kesehatan di wilayah Kota Batu, Jawa Timur, dilaporkan positif dalam beberapa pekan terakhir, seiring dengan peningkatan kasus COVID-19.

Kepala Dinas Komunikasi, dan Informatika Kota batu Ony Ardianto, di Kota Batu, Jawa Timur, Jumat mengatakan bahwa dari 62 orang tenaga kesehatan yang terpapar COVID-19 tersebut, 53 orang merupakan tenaga kesehatan yang bertugas di lima puskesmas di wilayah tersebut.

"Untuk sembilan orang tenaga kesehatan itu bertugas di Dinas Kesehatan Kota Batu, dan 53 lainnya di puskesmas. Total hingga Kamis (1/7) ada 62 orang tenaga kesehatan (terpapar COVID-19)," kata Ony.

Sebagai informasi, pada pekan lalu dilaporkan ada kurang lebih sebanyak 31 orang tenaga kesehatan di Kota Batu yang terkonfirmasi terjangkit virus yang pertama kali merebak di Wuhan, China itu.

Baca juga: Pemkot Batu terapkan PPKM tekan penyebaran COVID-19

Baca juga: Klaster keluarga dominasi penambahan kasus COVID-19 di Kota Batu


Pada pekan ini, terjadi penambahan kasus konfirmasi di lingkungan tenaga kesehatan, dimana secara keseluruhan ada 62 orang yang terpapar COVID-19. Dari 62 orang yang terpapar COVID-19 itu, sebagian besar menjalani isolasi mandiri.

Selain itu, ujar Ony, sebanyak 11 orang tenaga kesehatan menjalani perawatan di selter penanganan COVID-19 yang ada di Kota Batu. Dua tenaga kesehatan lainnya, dirawat di rumah sakit.

"Jika rumah tidak memenuhi syarat untuk isolasi mandiri, maka akan menjalani isolasi mandiri di selter penanganan COVID-19. Syarat untuk isolasi mandiri, minimal memiliki dua kamar mandi," katanya.

Secara garis besar penambahan kasus konfirmasi positif COVID-19 di wilayah Kota Batu, berasal dari penyebaran COVID-19 di lingkungan keluarga. Pemerintah Kota Batu terus memperkuat upaya pelacakan penyebaran COVID-19.

Hingga saat ini, secara keseluruhan di wilayah tersebut, ada sebanyak 1.663 kasus konfirmasi positif COVID-19. Dari total tersebut, sebanyak 1.447 orang dilaporkan telah sembuh, 150 orang dinyatakan meninggal dunia, dan sisanya berada dalam perawatan.*

Baca juga: Puluhan penghuni Al Izzah di Kota Batu dinyatakan sembuh dari COVID-19

Baca juga: Penghuni Al Izzah yang positif dan OTG tidak perlu tes usap ulang


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021