Madiun (ANTARA) - INKA Group sebagai BUMN manufaktur perkeretaapian dan transportasi darat terpadu di Indonesia akan menggarap container flat top wagon atau gerbong barang pesanan dari Kiwi Rail, Selandia Baru

General Manager Pemasaran PT INKA (Persero) Wai Wahdan mengatakan pesanan segera dilakukan setelah INKA Group mendapatkan kontrak atas pengadaan sebanyak 262 gerbong barang untuk Kiwi Rail Selandia Baru tersebut.

"Proyek tersebut diperkirakan akan selesai dalam kurun waktu 18-20 bulan," ujar Wai Wahdan dalam keterangannya di Madiun, Rabu.

Menurut dia, dengan memasok 262 gerbong barang untuk Selandia Baru tersebut, diharapkan dapat menjadi langkah besar INKA Group untuk kembali mengambil peran di pasar kereta api Oceania.

Baca juga: Erick Thohir minta PT INKA perluas pasar ekspor

"Hal itu, sebagaimana kesuksesan dalam suplai 224 blizzard centre sills untuk BradkenRail, Australia, sebelumnya," kata Wai.

Kiwi Rail merupakan BUMN Selandia Baru yang bergerak sebagai operator transportasi perkeretaapian.

"Kiwi Rail juga sebagai operator feri antarpulau terbesar di Selandia Baru," kata dia.

Sebelumnya INKA telah mengekspor kereta ke sejumlah negara untuk memenuhi pasar luar negeri, seperti ke Negara Bangladesh, Filipina, Singapura, Malaysia. INKA juga merambah pasar Afrika dengan pengerjaan kereta untuk Kongo.

Baca juga: Pemkot Madiun-INKA operasikan kereta medis untuk isolasi COVID-19


 

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021