Jakarta (ANTARA) - Tim nasional bola basket Indonesia akan tampil dalam playoff FIBA Asia Cup 2021 di Jakarta pada 12-14 Agustus sebagai ajang pemanasan sebelum turun pada babak utama kejuaraan bola basket bergengsi Asia itu pada 17-29 Agustus mendatang.

Indonesia menutup kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 pada posisi ketiga klasemen Grup A dengan koleksi delapan poin di bawah Filipina (10) dan Korea Selatan (9).

Dua tim teratas dari enam grup pada akhir kualifikasi akan langsung lolos ke FIBA ​​Asia Cup 2021. Sementara tim peringkat ketiga dari setiap grup akan melanjutkan pertandingan dalam partai playoff yang menjadi kualifikasi terakhir untuk menentukan empat tim yang akan bersaing pada babak utama FIBA Asia Cup bersama 13 tim lainnya.

Meski Indonesia berada pada posisi ketiga, itu tidak mempengaruhi kepastian Indonesia tampil pada FIBA Asia Cup 2021 karena status tuan rumah.

"Kami ikut dalam playoff nanti. Kami bersama Guam dan Chinese Taipei. Kami akan memanfaatkan itu sebagai ajang uji tanding sebelum turun di FIBA Asia Cup 2021," ungkap Manajer Timnas Basket Indonesia Maulana Fahreza Tamrella dalam rilis PP Perbasi, Jumat.

Baca juga: Timnas basket Indonesia diminta tak cepat puas demi FIBA Asia Cup 2021

Dalam playoff ada enam tim yang dibagi menjadi dua grup. Indonesia berada di Grup A bersama Guam dan Chinese Taipei. Kemudian Grup B ada India, Palestina, dan Arab Saudi.

Mocha, sapaan akrab Fareza, menambahkan PP Perbasi melalui Badan Tim Nasional juga telah memberikan libur kepada para pemain setelah berjuang dalam Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 di Filipina. Mereka diberikan waktu  berkumpul bersama keluarga dan akan kembali berlatih 28 Juni mendatang.

"Kami memberi libur kepada para pemain yang bermain pada final IBL kemarin namun untuk pemain lainnya langsung berlatih mulai tanggal 28 Juni," kata Mocha.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PP Perbasi Nirmala Dewi berharap persiapan timnas bisa maksimal menatap FIBA Asia Cup 2021. Pengalaman yang dipetik selama kualifikasi harus dijadikan pelajaran untuk memantapkan kerja sama tim agar lebih solid.

"Kita harus ambil momentum FIBA Asia Cup untuk membangkitkan olahraga basket dan bikin bangga Indonesia di mata dunia. Apalagi ajang ini menjadi pintu masuk tampil di FIBA World Cup 2023," kata Nirmala.

Baca juga: Indonesia tekuk Thailand 86-69 di kualifikasi FIBA Asia Cup 2021

Berikut daftar 13 negara yang sudah lolos ke babak utama FIBA Asia Cup 2021:

Tuan rumah: Indonesia

Grup A: Filipina dan Korea Selatan

Grup B: China dan Jepang

Grup C: Australia dan Selandia Baru

Grup D: Lebanon dan Bahrain

Grup E: Iran dan Suriah

Grup F: Yordania dan Kazakstan

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021