Jakarta (ANTARA) - PT Prudential Life Assurance menggandeng perusahaan pialang asuransi PT PasarPolis Insurance Broker (PPIB), afiliasi dari PT PasarPolis Indonesia (PasarPolis), sebagai salah satu perusahaan insurance technology (insurtech) di Indonesia dan Asia Tenggara, untuk meningkatkan akses bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia terhadap asuransi.

Chief Digital & Transformation Officer Prudential Indonesia Premraj Thuraisingam dalam pernyataan di Jakarta, Minggu, mengatakan, pihaknya percaya teknologi berperan penting dalam upaya memperluas cakupan layanan agar semakin banyak masyarakat Indonesia serta keluarga mereka yang terlindungi.

Untuk itu, lanjutnya, dalam beberapa tahun terakhir, perseroan fokus pada transformasi digital dan membangun ekosistem digital yang terintegrasi melalui perluasan kemitraan dengan pemain-pemain terkemuka di sektor teknologi.

Baca juga: Asosiasi asuransi buka sentra vaksin untuk 4.000 orang

"Kemitraan antara Prudential Indonesia dan PasarPolis dalam memasarkan PRUTect Care – Hospital Cash merupakan strategi kami dalam menghadirkan layanan kesehatan dan keuangan yang dapat diakses secara cepat, mudah, dan terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia sehingga mereka dapat hidup lebih sehat dan sejahtera," ujar Premraj.

Melalui kemitraan strategis tersebut, Prudential memberikan perlindungan melalui salah satu produk andalannya, Asuransi Jiwa Kumpulan Syariah PRUTect Care - Hospital Cash (PRUTect Care - Hospital Cash), kepada masyarakat luas melalui PasarPolis.

Premraj menyampaikan, PRUTect Care - Hospital Cash merupakan produk asuransi jiwa Syariah berbasis digital yang memberikan perlindungan menyeluruh dengan kontribusi terjangkau dan dapat diakses secara mudah.

Produk tersebut memberikan manfaat dasar meninggal dunia, santunan harian rawat inap (non-ICU dan ICU), santunan cacat total tetap akibat kecelakaan, santunan meninggal dunia akibat penyakit menular, dan total santunan meninggal dunia akibat kecelakaan hingga Rp63 juta untuk paket platinum.

Baca juga: OJK: Klaim asuransi meningkat 3,96 persen di masa pandemi

Pengguna dapat memilih dua jenis masa kepesertaan yakni per enam atau 12 bulan dengan kontribusi yang sangat terjangkau mulai dari Rp5.000-an per bulan. Nasabah juga dapat melakukan proses klaim dengan mudah secara daring melalui Pulse by Prudential, aplikasi kesehatan dan kebugaran all-in-one dari Prudential Indonesia yang didukung kecerdasan buatan.

Founder & CEO PasarPolis Cleosent Randing mengatakan, kesenjangan akses asuransi dan tidak meratanya distribusi asuransi, menjadi tantangan besar di Indonesia. Melalui adopsi teknologi di industri asuransi, pihaknya akan terus berupaya menjembatani kesenjangan akses bagi masyarakat yang sebelumnya sulit tersentuh layanan asuransi.

"Kolaborasi ini akan semakin memperkuat misi PasarPolis untuk mengembangkan inovasi teknologi kami, sehingga dapat menciptakan akses asuransi secara lebih inklusif dengan meningkatkan produk asuransi mikro dengan harga terjangkau serta dapat diakses secara mudah oleh berbagai kalangan masyarakat," ujar Cleosent.

Sejalan dengan kemitraan bersama PasarPolis, Prudential Indonesia juga bekerja sama dengan BenihBaik.com, sebuah platform crowdfunding yang bertujuan menjadi jembatan kebaikan antara donatur dengan masyarakat yang membutuhkan. Kolaborasi itu didorong oleh kesamaan tujuan untuk membantu masyarakat, selain donatur dan penerima manfaat BenihBaik.com, mendapatkan yang terbaik dalam kehidupannya.

Melalui kerja sama ini, seluruh penerima manfaat BenihBaik.com, termasuk lebih dari 190.000 donatur dapat mengakses perlindungan PRUTect Care - Hospital Cash yang disediakan Prudential Indonesia melalui kolaborasi dengan PPIB sebagai perusahaan pialang asuransi dan PasarPolis sebagai perusahaan insurtech.

CEO sekaligus founder BenihBaik.com Andy F. Noya, , mengatakan, memanfaatkan platform digital, BenihBaik.com menjadi jembatan bagi orang-orang yang ingin berbuat baik dengan orang-orang yang membutuhkan bantuan.

Kemitraan antara Prudential Indonesia, PasarPolis, dan BenihBaik.com akan memainkan peran penting untuk membantu menyalurkan kebaikan ke dalam tindakan nyata.

"Kolaborasi merupakan bagian dari upaya kami untuk mengapresiasi seluruh donatur dan pengguna BenihBaik.com yang selama ini telah berpartisipasi dan berbuat kebaikan dalam membantu sesama," ujar Andy.

Premraj menambahkan, pihaknya akan terus fokus mengembangkan ekosistem digital perusahaan melalui inovasi dan kemitraan agar dapat melayani nasabah dengan lebih baik, sekaligus meningkatkan inklusi dan penetrasi asuransi di Indonesia.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021