Pelabuhan Perdagangan Bebas Hainan promosikan warisan budaya takbenda

Pelabuhan Perdagangan Bebas Hainan promosikan warisan budaya takbenda

Para kontestan merajut dan menyulam di lokasi. ANTARA/HO-AsiaNet.

AsiaNet 90132
 
 
Haikou, China, 16 Juni 2021 (Antara/Xinhua-AsiaNet)- Menyesuaikan rasio air/tanah liat, mengaduk tanah liat, dan membentuk tanah liat... Dengan teknik yang telah dipraktikkan berkali-kali, tembikar mulai terbentuk. “Saya telah menjual delapan barang tembikar bergaya Minoritas Li,” kata Huang Yuying, perwakilan ahli waris di tingkat kabupaten di Changjiang, Hainan, ketika ia rehat di antara sesi demonstrasi teknik tembikar bergaya Minoritas Li pada 12 Juni.
 
The 1st Nanshan Intangible Cultural Heritage Festival in 2021, di mana Huang Yuying mendemonstrasikan tekniknya, adalah salah satu aktivitas berorientasi warisan budaya takbenda yang merayakan Hari Warisan Budaya dan Alam yang digelar oleh Pelabuhan Perdagangan Bebas Hainan, satu-satunya pelabuhan perdagangan bebas di China. Berpusat pada tema "warisan budaya takbenda dari rakyat dan untuk rakyat," Biro Pariwisata dan Kebudayaan Hainan melakukan hampir 100 aktivitas di provinsi tersebut, terutama di lokasi pameran di kota Haikou, kota Sanya, kota Wuzhishan, kabupaten Ding'an, dan Kabupaten Baoting. Beragamnya acara budaya telah memungkinkan penduduk, wisatawan, dan seluruh masyarakat untuk mendapatkan manfaat dari pelestarian warisan budaya takbenda dan pencapaian R&D terkait.
 
Selain Nanshan Intangible Cultural Heritage Festival di Sanya, Hainan Intangible Cultural Heritage Shopping Festival digelar di lokasi pameran Haikou pada hari yang sama. "Promosi siaran langsung + pameran offline" menarik hampir 800.000 peserta. Lokasi pameran di Wuzhishan berfokus pada demonstrasi teknik warisan budaya takbenda, dengan hampir 100 perwakilan ahli waris warisan budaya takbenda memamerkan bakat mereka. Lokasi pameran di Ding'an mengundang seniman pertunjukan lokal terkenal untuk mempersembahkan opera Hainan, pertunjukan wayang, musik rakyat Danzhou, serta musik dan opera tradisional lainnya yang termasuk dalam daftar warisan budaya takbenda yang perlu dilindungi. Lokasi pameran di Baoting meluncurkan kompetisi desain kurikulum untuk penelitian warisan budaya takbenda, kompetisi desain rencana perjalanan untuk penelitian warisan budaya takbenda, dan aktivitas lainnya, untuk mengeksplorasi bagaimana "warisan budaya takbenda + penelitian + pariwisata" dapat diintegrasikan dengan kehidupan modern.
 
Penduduk dan wisatawan yang mengikuti kemajuan R&D warisan budaya takbenda Hainan akan menemukan bahwa Hainan telah mengambil langkah-langkah komprehensif untuk membuat warisan budaya takbenda lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat dan untuk memperkenalkan generasi muda pada warisan budaya mereka yang kaya. Banyak kerajinan warisan budaya takbenda dan produk budaya kreatif seperti vas, peralatan minum teh, dan peralatan makan tidak hanya secara eksplisit mewujudkan karakteristik warisan budaya takbenda tetapi juga menunjukkan sifat-sifatnya sebagai karya seni dan benda-benda praktis. Zhou Renci, perwakilan ahli waris ukiran kerang di tingkat provinsi, mengatakan bahwa ia telah bekerja sama dengan sekolah kejuruan selama beberapa tahun terakhir untuk melaksanakan kursus pelatihan teknik warisan budaya takbenda, dengan berharap bahwa program warisan budaya yang mengandung kearifan kemanusiaan dapat dipelajari dan diterima oleh lebih banyak orang muda.
 
Sumber: The 1st Nanshan Intangible Cultural Heritage Festival in 2021
 
Tautan Lampiran Gambar:
 
 
 
 
 
 
 
 
Pewarta : PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2021