Surabaya (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan terdapat tiga kasus mutasi COVID-19, yaitu B1617.2 atau varian India di wilayah setempat berdasarkan hasil uji genome sequencing yang dilakukan terhadap 24 sampel di "Institute Tropical Disease" (ITD).

"Tadi saya dapat informasi Pak Rektor Unair Prof Nasih, bahwa dari 24 sampel yang diteliti, terdapat tiga mutasi B1617.2 atau strain India," ujarnya di Surabaya, Senin.

Tim Satgas Penanganan COVID-19, kata dia, telah melakukan komunikasi dan koordinasi terhadap munculnya kasus ini dan dipastikan pasien sedang menjalani perawatan intensif.

Baca juga: Khofifah berharap peran tokoh masyarakat-agama yakinkan vaksin aman

Dari tiga pasien, dua orang di antaranya saat ini dirawat khusus di Kota Surabaya, sedangkan satu orang lainnya menjalani perawatan di rumah sakit di Kabupaten Bojonegoro.

Gubernur Khofifah juga telah menugaskan koordinator tracing dr Kohar Hari Santoso untuk melakukan pelacakan kepada pihak-pihak yang terkonfirmasi kontak erat dengan pasien.

"Jadi kontak eratnya dengan siapa saja harus dilacak," ucap orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut.

Terkait sampel lainnya, Khofifah mengaku masih menunggu hasil genome sequensing berikutnya agar semua dapat terkoordinasikan dengan baik.

"Saya sedang cek juga apakah mereka melakukan kontak erat dengan Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau mereka adalah PMI. Jadi, mohon ditunggu konfirmasinya," tutur mantan Menteri Sosial tersebut.

Sementara itu, terkait kondisi saat ini, Gubernur menyampaikan bahwa hingga Minggu (13/6) malam, kapasitas BOR di ICU Rumah Sakit Syam Rato Ebu Bangkalan sudah mencapai 38 persen, dan BOR isolasi 82 persen.

Khofifah menyampaikan terdapat enam rumah sakit untuk penyangga di Surabaya yang cukup efektif dan bisa membantu pasien COVID-19 asal Madura untuk menjalani perawatan.

"Di sisi lain, penyekatan di Jembatan Suramadu masih harus berjalan untuk mendukung efektivitas dari seluruh proses penanganan lonjakan kasus di Bangkalan," kata dia.

Baca juga: Gubernur Jatim ingatkan percepatan vaksinasi guru jelang PTM

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021