Saya merasa baik dengan motor, jujur
Jakarta (ANTARA) - Maverick Vinales merasakan hasil positif pada sesi latihan bebas Grand Prix Catalunya pada Jumat, setelah didampingi oleh Silvano Galbusera sebagai crew chief baru, menggantikan Esteban Garcia.

Yamaha pada hari sebelumnya mengonfirmasi Galbusera, mantan kepala kru Valentino Rossi, akan menangani Vinales hingga akhir musim ini.

Garcia telah bekerja sama dengan Vinales pada 2013 dan membuahkan titel Moto3 untuk sang pebalap Spanyol pada tahun tersebut.

Garcia kemudian bergabung dengan Yamaha pada 2019 dan membantu Vinales mengemas 11 podium, empat kemenangan, tiga peringkat dua, dan empat kali peringkat tiga.

Baca juga: Vinales pisah dengan Garcia, Galbusera ditarik lagi sebagai crew chief
Baca juga: Selesai dioperasi, Rins kemungkinan fit untuk GP Jerman


"Saya merasa baik dengan motor, jujur," kata Vinales mengawali seperti dilansir laman resmi MotoGP.

"Tentu kami sering mengganti motor selama FP1 dan FP2, itu sesuatu yang saya tidak biasa lakukan, tetapi sekarang saya harus melakukannya untuk mencoba menemukan keseimbangan, motor yang lebih baik khususnya untuk gaya membalap saya.

"Dan saya merasakan banyak hal positif. Pada dasarnya dengan Silvano kami bekerja sangat tenang. Kami sekarang tahu prioritas kami adalah menemukan setup yang bisa membuat saya nyaman dan gunakan untuk gaya membalap saya. Kami tidak terlalu banyak melihat catatan waktu lap dan posisi, tapi lebih ke bagaimana mendapatkan perasaan yang baik dan lebih menjadi diri saya sendiri dengan motor ini," katanya lagi.

Baca juga: Zarco kalahkan Morbidelli, Quartararo dalam FP2 GP Catalunya
Baca juga: Johann Zarco, Jorge Martin bertahan di Pramac Racing musim depan


Vinales membuka akhir pekan di Montmelo dengan finis P4 di sesi latihan pertama, dan menempati P6 secara umum setelah FP2, terpaut 0,586 detik dari pemuncak sesi Johann Zarco.

Galbusera, yang mengambil alih peran Jeremy Burgess sebagai crew chief Rossi pada 2014, membantu The Doctor memenangi sembilan balapan dan bertarung untuk titel 2015 hingga akhir musim, sebelum akhirnya digantikan oleh David Munoz untuk musim 2020.

Galbusera kemudian sempat ditugasi membantu pengembangan motor Yamaha bersama Jorge Lorenzo, dan sekarang dengan Cal Crutchlow sebelum ditarik kembali sebagai crew chief di garasi tim.

Baca juga: Tahun depan Remy Gardner naik kelas ke MotoGP membela Tech3 KTM
Baca juga: Mengenang Jason Dupasquier, "rising star" dari Swiss

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021