Jakarta (ANTARA) - Maskne (masker + acne) alias jerawat yang muncul sebagai efek samping penggunaan masker di era pandemi masih menjadi keluhan di era kenormalan baru.

Dokter spesialis kulit Vidyani Adiningtyas, Sp.DV menuturkan pemakaian masker dalam waktu lama, uap udara dari nafas, suhu tubuh dan keringat akan menyebabkan kelembapan, squalene meningkat dan merangsang kelenjar sebum yang menghasilkan banyak minyak.

"Apalagi jika kulit wajah kotor dan bercampur sel kulit mati, maka akan sangat mudah menyumbat pori-pori kulit. Kondisi ini akan merangsang kolonisasi dari bakteri C.acnes di kulit. Lebih buruk lagi, gesekan masker dengan kulit juga bisa membuat iritasi yang membuat peradangan lebih parah pada area yang berjerawat," kata spesialis kulit dari Ristra Klinik Indonesia dalam siaran resmi, Rabu.

Baca juga: Lima langkah atasi "maskne"

Dia menuturkan cara ampuh mengatasi jerawat di area tertutup masker, biasanya di kedua pipi, dagu dan rahang.

"Rutin membersihkan wajah menggunakan sabun cuci wajah dengan pH balance 2x/hari, tidur min 8 jam, hindari stress, hindari makanan dengan indeks glikemik tinggi,"

Dia menyarankan juga untuk selalu membersihkan benda-benda yang sering bersentuhan dengan kulit wajah secara berkala, seperti layar handphone hingga sarung bantal. Jangan lupa mengganti masker wajah begitu terasa lembap dan kotor.

Kemudian, lakukan perawatan sesuai dengan kondisi wajah dan jerawat.

“Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan produk treatment spot jerawat yang memiliki active ingredients, seperti: salisil acid, benzoil peroxide, sulfur, calamine dan zinc oxide, camphor. Yang paling penting adalah pastikan produk telah teruji klinis, teruji secara dermatologist, terbukti efektif dan tidak iritatif, serta telah mendapat sertifikasi BPOM,” ujar Dr. Tyas.

Ristra meluncurkan Ristra Acne Spot Drying Treatment yang diklaim efektif meredakan jerawat hanya setelah pemakaian satu malam atau dalam 8 jam. "Dari hasil uji klinis yang dilakukan, hanya dalam 8 jam, Ristra Acne Spot Drying Treatment terbukti 100 persen mengurangi kemerahan pada jerawat, dan terbukti setelah 3 hari penggunaan, 73 persen panelis menunjukkan jumlah jerawat terlihat berkurang secara signifikan,” jelas Marcheilla, Brand Manager Ristra.

Produk perawatan jerawat ini mengandung bahan aktif yang biasa dipakai untuk mengatasi jerawat seperti Calamine, Champor, Sulfur, Salicylic Acid & Zinc Oxide.

“Ristra Acne Spot Drying Treatment tersertifikasi halal, telah teruji klinis dan teruji secara dermatologi, aman digunakan untuk semua jenis kulit, bahkan untuk jenis kulit yang sensitif sekalipun,” imbuh Marcheilla.

Baca juga: Cuci muka dengan sabun setiap ganti masker demi hindari jerawat

Baca juga: Muncul alergi kulit selama WFH? Mungkin gara-gara stres

Baca juga: Keringat bercucuran saat olahraga, ini akibat pakai masker basah

 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021