Kami percaya bahwa Pushidrosal memiliki kompetensi yang memadai, baik dari sisi peralatan maupun dari sisi teknologi pendukung
Surabaya (ANTARA) - PT Pelindo III (Persero) bekerja sama dengan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) untuk mendukung keselamatan pelayaran dan meningkatkan layanan lalu lintas kapal di pelabuhan.

Direktur Utama Pelindo III Boy Robyanto dalam siaran persnya yang diterima di Surabaya, Jatim, Kamis mengatakan kerja sama ini sangat penting, karena sebagai BUMN yang mengoperasikan pelabuhan di tujuh provinsi, Pelindo III perlu melakukan berbagai upaya untuk mendukung kelancaran arus logistik nasional, salah satunya melalui program revitalisasi pelabuhan dengan peningkatan fasilitas pokok maupun pendukung pelabuhan.

"Kerja sama ini dilakukan sebagai salah satu upaya peningkatan layanan kami, sehingga ke depan mampu meningkatkan kinerja korporasi untuk menekan biaya logistik nasional," ujar Boy,

Kerja sama Pelindo III dan Pushidrosal, kata dia, juga merupakan langkah nyata dan wujud kebersamaan instansi pemerintah dalam melaksanakan pendalaman alur laut dan pembaharuan peta alur di lingkungan kerja Pelindo III, termasuk nantinya untuk mendukung proyek pengembangan Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) yang telah diamanatkan oleh Kementerian BUMN.

"Ini adalah sinergi untuk berkontribusi bagi negara, kami percaya bahwa Pushidrosal memiliki kompetensi yang memadai, baik dari sisi peralatan maupun dari sisi teknologi pendukung," kata Boy.

Sementara itu, Komandan Pushidrosal Laksamana Madya Agung Prasetiawan mengatakan kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman yang sebelumnya telah terjalin antara Kementerian BUMN dan TNI pada 2018 lalu.

"Sebelumnya, kami juga telah melaksanakan kerja sama dengan BUMN maupun Pelindo III, hubungan yang sinergis antara TNI AL dan Pelindo III untuk mendukung keselamatan pelayaran dan pelayanan lalu lintas kapal di pelabuhan melalui update peta laut Indonesia dan publikasi nautika," kata Agung.

Dalam kesempatan yang sama, Komisaris Utama Pelindo III Laksamana TNI (Purn) Marsetio mendukung penuh kerja sama yang dilakukan, sehingga ke depan akan mampu memberi dampak positif bagi masyarakat dan bangsa Indonesia.

"Kami berharap kerja sama ini dapat membawa kemajuan bersama, dan kami akan mendukung penuh sesuai dengan kompetensi kami kepada para personel Pushidrosal," katanya.

Perjanjian kerja sama dilakukan Direktur Utama Pelindo III Boy Robyanto dan Komandan Pushidrosal Laksamana Madya Agung Prasetiawan, dengan disaksikan Komisaris Utama Pelindo III  Laksamana TNI (Purn) Marsetio.

Ruang lingkup kerja sama meliputi pemetaan alur pelayaran dan kolam pelabuhan, serta kegiatan survei dan pemetaan di wilayah kerja Pelindo III sesuai dengan pengembangan perusahaan.

Baca juga: Layanan pelabuhan Pelindo III tetap buka selama libur Idul Fitri
Baca juga: 37 ribu paket sembako dibagikan Pelindo III jelang Lebaran 2021
Baca juga: Indra Karya-Pelindo III jalin kerja sama perkuat kolaborasi BUMN

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021