Setiap penyebutan langkah Fed dan menaikkan suku bunga akan berdampak besar pada dolar.
New York (ANTARA) - Dolar menguat pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), menghentikan penurunan beruntun empat hari dan rebound dari level terendah multi-bulan setelah rilis risalah dari pertemuan kebijakan moneter terbaru Federal Resere membuka ruang untuk pembahasan tapering (pengurangan pembelian obligasi).

Dalam risalah tersebut, sejumlah anggota Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) Federal Reserve AS mengatakan bahwa jika pemulihan ekonomi terus mendapatkan momentum, akan tepat "di beberapa titik" untuk membahas pengetatan kebijakan akomodatifnya, memberikan dorongan pada greenback.

"Hal besar dari risalah Fed adalah penyebutan awal pembicaraan tapering," kata Chris Gaffney, presiden pasar dunia di TIAA Bank di St. Louis. "Setiap penyebutan langkah Fed dan menaikkan suku bunga akan berdampak besar pada dolar."

Baca juga: Kekhawatiran suku bunga reda, dolar jatuh ke terendah 2,5 bulan

Namun, risalah tersebut berasal dari pertemuan yang terjadi sebelum rilis data ekonomi utama, yang menunjukkan pelemahan lebih lanjut di pasar tenaga kerja dan lonjakan harga yang didorong oleh ketidakseimbangan penawaran/permintaan.

Sejak itu, Fed berulang kali menawarkan jaminan bahwa lonjakan harga-harga dalam waktu dekat tidak akan menyebabkan inflasi jangka panjang.

"The Fed umumnya menyanyi dari lembaran lagu yang sama, menyatakan bahwa inflasi akan bersifat sementara," tambah Gaffney. “Secara umum, mereka telah melakukan pekerjaan yang baik dalam menjaga front yang cukup bersatu.”

Dolar juga mendapat manfaat dari sentimen risk-off (penghindaran risiko) yang luas, yang membuat indeks saham utama AS merosot dan mata uang kripto anjlok.

"Ketika kami melihat pergerakan besar menjauh dari Bitcoin, itu adalah indikasi bahwa investor menjauh dari aset berisiko, dan itu menguntungkan dolar," kata Gaffney. Itu adalah indikasi pelarian ke tempat yang aman.

Baca juga: Bitcoin jatuh di bawah 40.000 dolar setelah pembatasan oleh China

Bitcoin sempat jatuh ke level terendah sejak Januari setelah keputusan China untuk melarang lembaga keuangan dan pembayaran menyediakan layanan mata uang digital, tetapi mengurangi kerugiannya setelah beberapa pendukung utamanya menegaskan kembali dukungan mereka.

Ethereum mata uang kripto saingan Bitcoin terakhir turun 22 persen pada 2.623 dolar AS.

Gaffney yakin investor mata uang digital harus bersiap untuk hal yang sama.

"Pasar kripto sudah matang untuk aksi jual dengan kenaikan yang telah kita lihat," katanya. “Saya perkirakan akan melihat lebih banyak perjalanan roller-coaster liar ke depan.”

Imbal hasil obligasi pemerintah AS mencapai tertinggi sesi setelah rilis risalah Fed.

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap sekeranjang mata uang dunia, terakhir naik 0,52 persen pada 90,254.

Sementara itu, tekanan harga-harga dirasakan di tempat lain. Inflasi Inggris lebih dari dua kali lipat pada April menjadi 1,5 persen dari bulan sebelumnya, memicu kekhawatiran serupa atas inflasi jangka panjang. Pound Inggris turun 0,58 persen terhadap dolar menjadi 1,4106 dolar AS.

Kanada juga merilis data inflasi terbaru, yang menunjukkan harga konsumen melonjak ke tingkat tahunan 3,4 persen. Greenback menguat 0,64 persen terhadap dolar Kanada menjadi 1,214 dolar AS, tetapi masih melayang di dekat level terlemah sejak Mei 2015.

Euro berbalik arah setelah menyentuh level tertinggi terhadap dolar AS sejak awal Januari, jatuh 0,5 persen menjadi 1,2164 dolar AS. Terhadap yen Jepang, dolar naik 0,25 persen menjadi 109,26 yen.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021