Padang (ANTARA) - Lembaga Pemasyarakatan Muaro Padang, Sumatera Barat, mencatat layanan penitipan barang dari keluarga meningkat drastis pada hari Lebaran 1442 H.

"Jika menilik rekapitulasi data layanan penitipan barang sepanjang Kamis, ada peningkatan drastis hampir seratus persen dibandingkan hari biasa," kata Kepala LP Padang, Era Wiharto, di Padang, Jumat.

Ia memaparkan sepanjang Kamis (13/5) ada 280 keluarga yang menitipkan barang kepada warga binaan, sedangkan biasanya di kisaran 100-150 titipan dalam satu hari. "Untuk Jumat ini masih tinggi tapi tidak sebanyak kemaren, data pastinya masih direkapitulasi," katanya.

Baca juga: 121.026 narapidana terima remisi khusus Idul Fitri 2021

Ia mengatakan, untuk menghadapi lonjakan, LP Padang berupaya ekstra serta menambah jam pelayanan demi mengakomodir keinginan keluarga yang ingin menitipkan barang.

Barang titipan dari keluarga tersebut bervariasi mulai dari kue Lebaran, pakaian, dan yang paling banyak adalah lauk-pauk untuk makan.

Ia memaparkan pada hari Lebaran 1442 H LP Padang membuka layanan titipan barang dari pukul 08.00 WIB-12.30 WIB, dan sore harinya pukul 13.30 WIB-16.30 WIB. Sedangkan hari biasa penitipan barang dibuka dari jam 09.00 WIB-11.30 WIB, dan sore pada pukul 13.00-15.00 WIB.

Baca juga: Kakanwil Kemenkumham Bali sebut dua syarat pemberian remisi Lebaran

Sejalan dengan penambahan jam layanan itu, LP Padang juga memperketat pengawasan barang yang dititip.

"Kami tidak ingin layanan ekstra yang kami berikan saat ini malah dimanfaatkan orang-orang tak bertanggung jawab dengan memasukkan barang terlarang," katanya.

Baca juga: 2.239 narapidana di Jambi terima remisi lebaran

LP Padang juga mencatat terjadi peningkatan layanan saluran video atau video call pada momen Lebaran, setidaknya sepanjang Kamis ada 23 pengakses.

Sementara itu Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumatera Barat, Ali Syah Bana, mengingatkan agar LP dan rumah tahanan se-Sumatera Barat tetap mengutamakan aspek keamanan saat melayani penitipan barang.

Baca juga: Lapas di Aceh tidak layani kunjungan Lebaran cegah COVID-19

"Jangan sampai barang terlarang masuk ke dalam LP atau rumah tahanan," katanya, saat memantau layanan penitipan barang di LP Padang, Jumat.

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021