Tidak cukup hanya mengutuk, harus ada sanksi tegas agar ada sanksi, jalur diplomasi dan komunikasi dengan berbagai negara perlu dilakukan
Jakarta (ANTARA) - Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay mengutuk keras tindakan kekerasan yang dilakukan oleh polisi Israel kepada warga sipil Palestina di Mesjid Al-Aqsha.

Dia menilai tindakan kekerasan itu tidak hanya menyisakan luka mendalam bagi warga Palestina, tetapi juga bagi seluruh umat Islam dunia.

"Israel jelas-jelas telah menodai bulan suci Ramadan dan menyakiti warga sipil yang tidak bersalah. Dari video yang beredar, jelas sekali terlihat bagaimana aksi brutal polisi Israel di Masjid Al-Aqsha, ini adalah tindakan yang bertentangan dengan HAM," kata Saleh di Jakarta, Senin.

Menurut dia, tindak kekerasan terhadap warga sipil tetap berlanjut karena tidak ada sanksi tegas kepada Israel karena itu Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan seluruh negara di bawah naungan organisasi tersebut harus mengambil tindakan tegas terhadap Israel.

Baca juga: Anggota DPR minta Kemenlu dorong negara-negara sanksi Israel

Dia menilai ada kesan bahwa Israel dibiarkan melakukan kekerasan tanpa batas dan Israel seakan dapat mendikte semua negara sehingga mereka dianggap tidak bersalah.

"Saya menonton salah satu video yang memperlihatkan ada seorang ibu meminta agar dunia membuka mata atas kekerasan yang dialami warga Palestina. Dia menanyakan dimana peran negara-negara besar, dimana peran para tokoh dunia, ulama, cendikiawan, pemimpin-pemimpin negara besar. Semua seakan diam dan tidak bersuara," ujarnya.

Saleh mendesak agar pemerintah Indonesia melakukan upaya-upaya diplomatik agar warga Palestina bisa dilindungi. Menurut dia, Pemerintah harus berkomunikasi dengan negara-negara lain di PBB.

Baca juga: PPP: jangan berpikir jalin hubungan diplomatik dengan Israel

"Tidak cukup hanya mengutuk, harus ada sanksi tegas agar ada sanksi, jalur diplomasi dan komunikasi dengan berbagai negara perlu dilakukan," katanya.

Anggota Komisi IX DPR RI itu menilai Indonesia-Palestina memiliki hubungan sejarah yang sangat panjang karena itu wajar kalau Indonesia memiliki kepentingan besar bagi perdamaian dan keamanan warga Palestina.

Menurut dia, sampai saat ini, warga Palestina masih berharap dan selalu memuji keberpihakan dan bantuan Indonesia kepada mereka.

Baca juga: PBNU dorong Indonesia segera ambil langkah diplomatis soal Palestina

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021