Dalam lima tahun akan ada tiga kawasan industri halal yang akan beroperasi. Alhamdulillah tahun ini sudah tercapai
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyebut target pembangunan tiga kawasan industri dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) pada 2020-2024 telah tercapai pada 2021.

“Dalam lima tahun akan ada tiga kawasan industri halal yang akan beroperasi. Alhamdulillah tahun ini sudah tercapai,” kata Direktur Perwilayahan Industri Kemenperin Ignatius Warsito saat menggelar diskusi dengan media secara virtual di Jakarta, Jumat.

Ketiga kawasan industri halal tersebut yakni Modern Cikande Industrial Estate di Serang (Banten), Safe n Lock Halal Industrial Park di Sidoarjo (Jawa Timur). serta kawasan industri halal Bintan Inti Halal Hub di Kabupaten Bintan.

Menurut Warsito, fenomena pembangunan kawasan industri halal terjadi setelah keluarnya Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 17 Tahu 2020 tentang Tata Cara memperoleh Surat Keterangan dalam rangka Pembentukan Kawasan Industri Halal.

Baca juga: Kawasan industri halal diminta gandeng UMKM dalam pasok produk

“Ini juga menjadi concern pimpinan, bahwasanya ini menjadi momentum yang baik untuk kita mendorong pembangunan kawasan industri tematik. Tujuannya adalah memenangkan investasi,” ujar Warsito.

Di dalam kawasan industri halal, lanjut Warsito, juga dapat dikembangkan investasi halal terkait, di antaranya industri kosmetika, dan fesyen.

Diketahui, Kemenperin mengembangkan potensi produk dan jasa industri halal di Tanah Air. Hal itu bertujuan memenuhi kebutuhan pasar domestik dan ekspor.

Demi mengakselerasi pengembangan sektor riil ekonomi syariah atau yang dikenal dengan industri halal, Kemenperin memandang perlu memperkuat seluruh rantai nilai industri halal (halal value chain) dari sektor hulu sampai hilir.

Di antaranya dengan membangun kawasan industri halal dan halal hub di berbagai daerah. Sesuai keunggulan komparatif masing-masing daerah unggulan.

Baca juga: Wapres: Kawasan industri halal jadi "pull factor" industri domestik

Baca juga: Wapres minta Jatim segera selesaikan Kawasan Industri Halal Sidoarjo


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021