Menteri PPN paparkan enam stategi redesain transformasi ekonomi

Menteri PPN paparkan enam stategi redesain transformasi ekonomi

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa berbicara pada pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (4/5/2021). ANTARA/HO-Biro Pres Setpres/aa.

Jakarta (ANTARA) - Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa membeberkan enam strategi besar redesain transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan untuk menuju Indonesia Maju sebelum 2045.

Pertama adalah bagaimana memastikan sumber daya manusia kita itu dalam hal ini sistem kesehatan bisa mencapai apa yang disebut universal,” kata Menteri Suharso dalam webinar di Jakarta, Rabu.

SDM yang berdaya saing, lanjut Menteri Suharso, harus diikuti dengan peningkatan sistem pendidikan dan pendidikan karakter serta meningkatkan riset dan inovasi.

Strategi kedua adalah produktivitas sektor ekonomi berupa industrialisasi, produktivitas UMKM, dan modernisasi petani.

Baca juga: Pemerintah fokus pemulihan ekonomi dan reformasi struktural pada 2022

“Modernisasi pertanian terutama ini nanti terkait dengan nilai tukar petani di mana petani tidak hanya mendapatkan manfaat yaitu hanya di onfarm-nya, tetapi petani juga harusnya masuk di offfarm-nya sehingga menaikkan nilai tukar petani,” ujar Menteri Suharso.

Strategi ketiga adalah ekonomi hijau melalui ekonomi rendah karbon dan ekonomi sirkuler dan transisi energi

“Dalam rangka mencapai net zero emissions itu kita mencoba mendesain skenario, pencapaian juga transisi energi-energi kita yang harus lebih dominan dari energi baru dan terbarukan,” jelas Suharso.

Kemudian strategi keempat adalah transformasi digital melalui infrastruktur digital, pemanfaatan digital dan penguatan enabler.

Baca juga: Bappenas : transformasi ekonomi dibutuhkan untuk menjadi negara maju

Strategi kelima, lanjut Suharso, adalah penguatan integrasi ekonomi domestik dengan infrastruktur konektivitas, superhub, hub laut, dan hub udara serta domestic value chain.

Strategi terakhir adalah pemindahan Ibu Kota Negara yang akan menjadi sumber pertumbuhan baru dan menyeimbangkan ekonomi antar wilayah.

“Kita ingin membentuk sebuah playground baru mendorong peningkatan untuk pemodal dan tenaga kerja dan ada hitungan secara spesifik yang kami lakukan,” jelas Suharso.

Adapun redesain transformasi ekonomi merupakan langkah pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan menuju 6 persen untuk membawa Indonesia keluar dari middle income trap sebelum tahun 2045. Transformasi ekonomi akan mengubah struktur perekonomian dari lower productivity to higher productivity sectors serta meningkatkan produktivitas di masing-masing sektor.

Melalui redesain transformasi ekonomi, pemerintah menargetkan Indonesia pada 2045 akan menjadi negara maju dengan PDB terbesar kelima dengan 7,4 triliun dolar AS dan PDB per kapita mencapai 23.199 dolar AS.

Pewarta : Kuntum Khaira Riswan
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021