Mereka bekerja di Bali dan memilih pulang lebih awal karena khawatir tidak bisa pulang kampung, mengingat larangan mudik Lebaran mulai berlaku pada 6 hingga 17 Mei 2021
Situbondo, Jatim (ANTARA) - Ratusan calon penumpang kapal feri tujuan Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, yang telantar sejak tiga hari terakhir di Pelabuhan Jangkar, Kabupaten Situbondo, akhirnya diangkut menggunakan kapal perintis, yakni Kapal Motor Sabuk Nusantara 92.

"Alhamdulillah hari ini sekitar 200 penumpang tujuan Pulau Raas bisa terangkut menggunakan Kapal Sabuk Nusantara 92," kata Koordinator Pelabuhan Jangkar Situbondo Djoni Karyadi di Situbondo, Selasa.

Pada Senin (3/5/) malam, lanjut dia, sekitar 140 penumpang kapal feri tujuan Pulau Raas juga telah diangkut menggunakan KMP Satya Kencana, yang sebelumnya mereka menunggu jadwal keberangkatan kapal.

Dengan demikian, kata Djoni, ratusan penumpang yang sebagian besar merupakan warga Pulau Raas yang bekerja di Bali itu seluruhnya terangkut dan tidak ada lagi calon penumpang tertahan di pelabuhan.

Ia menambahkan bahwa mereka memilih pulang lebih awal karena khawatir tidak bisa pulang kampung menjelang larangan mudik Lebaran pada 6 hingga 17 Mei 2021.

"Hari ini semua penumpang tujuan Raas terangkut dan calon penumpang yang masih ada di ruang tunggu pelabuhan ini merupakan calon penumpang tujuan Pulau Sapudi," katanya.

Sebelumnya, pada Senin (3/5) ratusan calon penumpang kapal feri tujuan Pulau Raas protes kepada petugas pelabuhan karena tertahan di Pelabuhan Jangkar. Sebagian besar calon penumpang kapal feri ini merupakan warga Pulau Raas.

Mereka bekerja di Bali dan memilih pulang lebih awal karena khawatir tidak bisa pulang kampung, mengingat larangan mudik Lebaran mulai berlaku pada 6 hingga 17 Mei 2021.

Calon penumpang kapal feri tujuan kepulauan di Madura (Sapudi, Raas, dan Kalianget) di Pelabuhan Jangkar Situbondo, diperkirakan akan terus bertambah hingga Rabu (5/5) atau H-1 larangan mudik Lebaran 2021 diberlakukan, demikian Djoni Karyadi

Baca juga: Puluhan pemudik telantar di Pelabuhan Feri Situbondo

Baca juga: Ratusan pemudik tujuan Pulau Raas manfaatkan kapal cepat gratis

Baca juga: Seorang ibu terpisah dengan anaknya saat hendak mudik ke Madura

Baca juga: Cuaca buruk, Pelabuhan penyeberangan Situbondo-Madura ditutup

Pewarta: Masuki M. Astro/Novi Husdinariyanto
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021