Kasus positif COVID-19 di Bangka Barat bertambah 16 menjadi 1.293

Kasus positif COVID-19 di Bangka Barat bertambah 16 menjadi 1.293

Sosialisasi dan edukasi terus dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan disiplin warga Bangka Barat memakai masker guna meminimalkan risiko penularan COVID-19. ANTARA/Donatus Dasapurna/am.

Mentok, Babel (ANTARA) - Jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada hari ini terjadi penambahan sebanyak 16 kasus sehingga keseluruhan menjadi 1.293 orang.

"Sebanyak 1.293 orang itu merupakan jumlah keseluruhan warga Bangka Barat yang terkonfirmasi positif selama berlangsungnya pandemi COVID-19," kata Juru Bicara Satgas Percepatan Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, M. Putra Kusuma di Mentok, Senin.

Dari sebanyak 1.293 orang itu, sampai saat ini yang sudah dinyatakan sembuh atau selesai menjalani masa karantina dan perawatan sebanyak 864 orang, setelah hari ini terjadi penambahan 40 orang yang dinyatakan sembuh, sedangkan jumlah pasien meninggal dunia sebanyak 20 orang.

"Hari ini juga terjadi tambahan kasus baru sebanyak 16 orang, jadi total 409 orang yang masih wajib isolasi, karantina atau perawatan," ujarnya.

Baca juga: Bertambah 14, positif COVID-19 di Bangka Barat-Babel naik 1.279 kasus

Baca juga: Kasus COVID-19 di Bangka Barat tambah 36 dan satu meninggal dunia


Sebanyak 16 kasus baru itu ditemukan di Kecamatan Mentok enam orang, Simpangteritip satu orang, Parittiga tiga orang, Kelapa lima orang dan Tempilang satu orang.

Penambahan kasus baru yang hasilnya baru diketahui tersebut merupakan hasil dari pengembangan, penelusuran dan pemeriksaan yang dilakukan terhadap warga yang memiliki kontak erat dengan kasus sebelumnya dan sudah dilakukan pemeriksaan menggunakan tes cepat antigen.

Ia mengimbau warga meningkatkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan yang berlaku, minimal menggunakan masker saat berada di luar rumah.

Sosialisasi terus dilakukan untuk meningkatkan kesadaran warga menerapkan protokol kesehatan, baik oleh petugas kesehatan, tim gabungan Satgas COVID-19, relawan dan para pejabat Forkopimda di daerah itu.*

Baca juga: Pasien aktif COVID-19 di Bangka Barat bertambah 42 menjadi 341

Baca juga: Pasien positif COVID-19 Bangka Barat bertambah 102 menjadi 426 orang
Pewarta : Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021