BRI bantu upaya pemulihan korban gempa di Jawa Timur

BRI bantu upaya pemulihan korban gempa di Jawa Timur

Dokumentasi - Insan BRI tengah berada di salah satu lokasi terdampak gempa bumi, di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. ANTARA/HO-Humas BRI/vft/am.

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk berupaya untuk membantu pemulihan korban gempa di Jawa Timur, dengan kembali menyalurkan bantuan kepada warga terdampak yang ada di sejumlah wilayah.

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengungkapkan pihaknya terus berperan aktif dalam memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena bencana, sebagai bentuk kepedulian BRI kepada warga terdampak agar segera pulih dari masa masa sulit pasca-gempa.

"Kami memastikan bantuan-bantuan dari BRI Group terus disalurkan, dalam rangka mendorong pemulihan terutama pasca-bencana," kata Aestika, dalam keterangan tertulis yang diterima di Kota Malang, Jawa Timur, Minggu.

Aestika menjelaskan beberapa jenis bantuan yang disalurkan berupa ribuan paket sembako, obat-obatan, penyaluran bahan bangunan dan pembangunan sarana ibadah yang hancur terdampak gempa.

Baca juga: Presiden tinjau lokasi terdampak gempa di Kabupaten Malang

Bantuan-bantuan tersebut disalurkan secara bertahap dan tersebar di beberapa wilayah terdampak seperti di Malang, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Trenggalek dan Blitar.

"Melalui unit kerja kami di setiap wilayah, kami pastikan BRI memberikan bantuan dalam rangka pemulihan pasca-bencana," kata Aestika.

Dalam pelaksanaannya, Insan BRI juga bahu membahu untuk turun langsung memberikan bantuan di lapangan. BRI juga terus bekerja sama dan berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk penyaluran bantuan tersebut.

"BRI juga terus bekerja sama dan berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk bersinergi dalam menyalurkan bantuan kepada korban bencana gempa," kata Aestika.

BRI juga menyalurkan bantuan tersebut ke wilayah Lumajang. Wilayah tersebut juga terkena dampak, akibat gempa bumi yang terjadi kurang lebih pada pukul 14.00 WIB tersebut.

Baca juga: BPBD sebut sekurangnya 10 korban meninggal akibat gempa bumi Jatim

Bantuan yang disalurkan itu di antaranya adalah ribuan paket sembako, obat-obatan, perlengkapan dan kebutuhan bayi, selimut, serta perbaikan sarana ibadah.

Pada perbaikan sarana ibadah, BRI membantu perbaikan Masjid Nurul Huda di Dusun Iburaja, Kecamatan Tempursari, Lumajang yang sebelumnya hancur terkena dampak gempa berkekuatan magnitudo 6,1 itu.

BRI juga ikut berbagi dan mewujudkan kepedulian bagi masyarakat Lumajang yang terdampak gempa dengan menyerahkan bantuan BRILiaN Charity yang secara khusus disalurkan melalui Baznas Pemkab Lumajang, termasuk memberikan santunan klaim asuransi bisnis mikro kepada 61 nasabah BRI.

"Kami pastikan bantuan-bantuan tersebut bisa tersalurkan langsung kepada masyarakat yang membutuhkan. Semoga bisa memberikan keringanan bagi masyarakat terdampak Gempa di wilayah Lumajang," kata Aestika.

Baca juga: BRI terus salurkan bantuan tanggap bencana bagi korban gempa Malang

Baca juga: BRI pastikan layanan di Malang Raya tetap beroperasi pascagempa

Pewarta : Vicki Febrianto
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021