Pemkab Bogor wacanakan sayembara desain tugu di Simpang Sentul

Pemkab Bogor wacanakan sayembara desain tugu di Simpang Sentul

Tugu Pancakarsa di Simpang Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ANTARA/M Fikri Setiawan)

Sentul, Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat mewacanakan untuk menggelar sayembara dalam menentukan desain tugu di Simpang Sentul, Bogor.

“Rencana kita sayembarakan. Saat ini sedang direncanakan seperti apa konsep sayembaranya. Kami ingin yang terbaik,” ungkap Sekretaris Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Bogor, Lestia Irmawati di Cibinong, Bogor, Selasa.

Baca juga: Pemkab Bogor serius tangani penyebab banjir

Ia menyebutkan bahwa Tugu Pancakarsa itu sejatinya akan menjadi "landmark" (penanda) Kabupaten Bogor, yang saat ini mengusung slogan "Sport and Tourism". Meski begitu, menurutnya desain khas tradisional tidak akan ditinggalkan.

Pembangunan tugu yang kini baru setengah jadi itu merupakan upaya Pemkab Bogor dalam menata kawasan Cibinong Raya, sebagai wajah daerah.

Penataan itu meliput peningkatan kualitas jalan di kawasan Simpang Sentul dan pembangu­nan pedestrian di Jalan Edi Yoso menuju Stadion Pakan­sari, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Baca juga: Bupati Bogor sebut perubahan RPJMD fokus pemulihan ekonomi

Sementara itu, Bupati Bogor, Ade Yasin mengatakan, untuk memu­luskan langkah ini, pihaknya sudah memanggil sejumlah dinas terkait untuk mematan­gkan konsep city beautifica­tion project (CBP) atau pro­gram mempercantik kota.

Seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bap­pedalitbang), Dinas Peruma­han, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) dan dinas lainnya yang memiliki keterkaitan dengan program penataan ini.

Baca juga: Kabupaten Bogor buka pendaftaran 1.200 beasiswa S1

“Semua dinas yang berkaitan sudah kami panggil untuk mematangkan konsep ini. Tujuannya agar satu program dengan program lain yang ada di dinas bisa saling berkaitan dan saling melengkapi. Jadi, tidak berjalan sendiri-sendiri,” kata Ade.

Rencananya, penataan Ci­binong sebagai ibu kota Kabupaten Bogor bakal dimulai dari Simpang Sentul hingga Jalan Raya Tegar Beriman. Bahkan, penataan akan terus dilanjutkan hingga perbatasan Kabupaten Bogor dengan Kota Depok.

"Untuk 2021, Pemkab Bogor menyediakan anggaran seki­tar Rp300 miliar untuk pena­taan ibu kota Kabupaten Bo­gor, Cibinong. Itu untuk fokus pembangunan pedestrian, mulai dari Simpang Sentul hingga Jalan Tegar Beriman,” ujarnya.
Pewarta : M Fikri Setiawan
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021