Jakarta (ANTARA) - Toko ritel Indonesia, Al Barokah Mart, diresmikan di Kota Gimhae, Korea Selatan oleh Duta Besar RI Umar Hadi.

“Keberadaan Al Barokah Mart diharapkan dapat menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia dan berkontribusi dalam memajukan ekspor produk Indonesia ke Korea Selatan,” ujar Dubes Umar dalam keterangan tertulis KBRI Seoul, Sabtu.

Dubes Umar Hadi menegaskan lebih lanjut komitmen KBRI Seoul yang senantiasa mengedepankan promosi produk karya usaha mikro kecil menengah (UMKM) Indonesia ke pasar Korea Selatan, termasuk dukungan bagi Al Barokah Mart yang merupakan badan usaha yang dibentuk pengurus Masjid Al Barokah di Gimhae.

Dubes Umar berpesan agar Al Barokah Mart dapat mengedepankan inovasi termasuk mengembangkan bisnis secara daring. Dengan demikian, diharapkan kualitas dan harga produk yang dijual dapat lebih bersaing.

Dalam hal ini, KBRI Seoul siap bekerja sama dengan Masjid Al Barokah guna melakukan pelatihan-pelatihan untuk manajemen toko secara profesional.

Dubes Umar juga menggarisbawahi pentingnya jamaah Masjid Al Barokah untuk berbaur dengan masyarakat setempat dan tidak menjadi kelompok eksklusif, sehingga dapat merebut hati dan simpati pelanggan dan masyarakat setempat.

Baca juga: Riset sebut bisnis perdagangan independen modern tetap bertumbuh

Sementara itu, perwakilan Masjid Al Barokah, H. Karomat beserta Ustaz Syihab Ahmad menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Dubes Umar beserta keluarga besar KBRI Seoul atas dukungan tidak hanya pembukaan, tetapi juga dari persiapan dan ke depannya.

Produk-produk Indonesia yang dijual di Al Barokah Mart di Kota Gimhae, Korsel. (HO-KBRI Seoul)

Saat ini sudah ada sekitar 300 lebih produk yang dijual di Al Barokah Mart dan ada yang langsung diimpor dari Indonesia.

“Ke depan badan usaha Al Barokah Martakan memiliki fasilitasi produksi untuk membuat produk di Korea Selatan dengan memanfaatkan potensi WNI yang memiliki talenta di bidang kuliner,” ujar Ustaz Syihab.

Berdasarkan data KBRI, masyarakat Indonesia yang berdomisili di Gimhae berjumlah sekitar 1.049 orang. Saat ini terdapat 54 masjid dan mushola Indonesia di Korea Selatan.

Dengan kehadiran Al Barokah Mart, masyarakat Indonesia kini dengan mudah dapat menemukan produk halal UMKM Indonesia mulai dari makanan ringan, permen kopi, bumbu masak, dan lain-lain.

Al Barokah Martakan membuka tokonya yang terletak di dekat pusat pasar tradisional di mana banyak warga negara Indonesia, warga Korea Selatan, maupun warga negara asing mengunjungi tempat tersebut.

Baca juga: 5 camilan keripik dan kerupuk Jawa Barat tembus pasar Korea Selatan

Baca juga: IK-CEPA tingkatkan konektivitas-kerja sama ekonomi Indonesia-Korsel


Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2021