Washington, 15/7 (ANTARA/AFP) - Seorang pejabat senior Amerika Serikat akan ke Thailand pekan ini untuk pembicaraan dengan sekutunya yang tercabik secara politik, dalam lawatan yang juga akan membawanya ke Kamboja, Indonesia dan Filipina, kata beberapa pejabat, Rabu.

William Burns, orang nomer tiga di Departemen Luar Negeri AS, akan mengadakan "dialog strategis" dengan para pejabat di Bangkok, Jumat, dan menyampaikan pidato untuk menandai hubungan Amerika Serikat-Thailand di Chulalongkorn University, jelas Deplu AS.

Thailand, sekutu tertua AS di Asia, tegang setelah demonstrasi jalanan yang berakhir dalam tindakan keras militer berdarah Mei lalu. Gerakan Kaos Merah anti-pemerintah mendukung penengahan AS, hal yang pemerintah tentang.

Burn Sabtu akan ke Phnom Penh untuk acara menandai ulang tahun ke-60 hubungan antara Kamboja dan AS sebelun menuju ke Indonesia, negara yang Presiden Obama inginkan punya hubungan yang lebih kuat dengan Amerika.

Ia, menurut Deplu AS, akan merampungkan lawatannya Senin dan Selasa di Filipina, sekutu dekat AS lainnya, untuk pembicaraan dengan pemerintah baru Presiden Benigno Aquino.

Pemerintah Obama telah berusaha untuk membina hubungan dengan Asia Tenggara, percaya pemerintah George W Bush sebelumnya telah mengabaikan wilayah yang termasuk tenang itu karena keasyikannya dengan Irak dan Afghanistan.

Kunjungan Burns "ke mitra-mitra Asia Tenggara itu merupakan elemen penting dari komitmen pemerintah pada hubungan yang meningkat dan mendalam dengan kawasan yang dinamis tersebut, kata Deplu dalam satu pernyataan.

Burns adalah wakil menteri luar negeri untuk urusan politik, jabatan penting bagi para diplomat karir AS.

(Uu.S008)

(Uu.SYS/C/S008/C/S008) 15-07-2010 05:49:16

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010