Jakarta (ANTARA) - SpaceX bersama dengan Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) diketahui akan mengirimkan astronot untuk menjalankan misi luar angkasa yang ketiga kalinya pada Jumat dini hari waktu Eastern Time (ET) atau sore hari pada Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB).

Dengan empat orang astronot yang dikirim, ini menjadi perjalanan pertama menggunakan pendorong roket dan pesawat ruang angkasa yang sebelumnya sudah pernah digunakan (refurbished).

Dikirimnya empat orang astronot ke luar angkasa itu menjadi momen bersejarah yang dapat menemani anda menjalankan waktu menunggu berbuka puasa.

Melansir The Verge, Jumat, anda bisa menyaksikan peluncuran roket yang akan mengirim ke empat astronot dengan julukan “Crew Dragon” itu ke Stasiun Luar Angkasa Internasional secara daring melalui streaming.

NASA akan memulai siaran langsung secara resmi untuk misi ketiga bersama SpaceX di kanal YouTube NASA yang sudah terverifikasi dan situs resmi milik NASA https://www.nasa.gov/nasalive.

Persiapan peluncuran roket itu akan dimulai pada pukul 01.30 AM ET atau 12.30 WIB, dan roket direncanakan lepas landas bertolak menuju luar angkasa pukul 05.49 AM ET atau 16.49 WIB.

Pesawat roket akan diluncurkan ari Kennedy Space Center yang merupakan fasilitas milik NASA di Cape Canaveral, Florida, California.

Penayangan untuk publik akan dilakukan pada pukul 05.49 AM untuk New York, sementara di Indonesia peluncuran roket itu dapat disaksikan mulai pukul 16.49 WIB.

Baca juga: NASA- SpaceX kirim "Crew Dragon" berasal dari dana 2,6 miliar Dolar AS

Baca juga: SpaceX kirim kapsul dengan astronot baru ke luar angkasa

Baca juga: Empat astronaut dengan SpaceX tiba di stasiun luar angkasa


Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021