Wali Kota Surabaya dukung Rooftop TP 3 jadi tempat Rukyatul Hilal

Wali Kota Surabaya dukung Rooftop TP 3 jadi tempat Rukyatul Hilal

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat menghadiri Rukyatul Hilal atau penentuan 1 Ramadhan di Rooftop One Icon Tunjungan Plaza (TP) 3 Kota Surabaya, Senin (12/4/2021). (ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya)

Surabaya (ANTARA) - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mendukung usulan Kementerian Agama Surabaya yang menjadikan Rooftop One Icon Tunjungan Plaza (TP) 3 sebagai salah satu acuan Nasional lokasi Rukyatul Hilal atau penentuan 1 Ramadhan.

Eri Cahyadi di Surabaya, Selasa, mengaku bersyukur Rooftop One Icon TP 3 yang merupakan gedung dengan ketinggian mencapai 200 meter yang akan diusulkan Kementerian Agama (Kemenag) Surabaya kepada Menteri Agama sebagai salah satu tempat Rukyatul Hilal.

"Kami bersyukur dan berdoa semoga di titik ini bisa digunakan untuk Rukyatul Hilal dan bisa untuk melihat setiap awal bulan hijriah," kata Eri Cahyadi.

Baca juga: ASN Pemkot Surabaya diwajibkan pakai produk UMKM

Eri berharap Menteri Agama menyetujui lokasi tersebut menjadi salah satu acuan Nasional untuk menentukan Rukyatul Hilal di tahun-tahun mendatang.

Namun, lanjut dia, terlepas dari semua itu, kebersamaan dalam setiap menentukan awal Ramadhan melalui Rukyatul Hilal ini diharapkan dapat terus terjalin di Kota Surabaya.

"In syaa Allah dengan kebersamaan dari semua ormas Islam, Kementerian Agama, Pengadilan Agama, MUI, DMI, dan FKUB, Kota Surabaya ini ke depannya semakin membangun secara bersama," katanya.

Kepala Kantor Kemenag Kota Surabaya Husnul Maram sebelumnya mengatakan tahun ini pelaksanaan Rukyatul Hilal baru pertama kali dicoba dilakukan di rooftop One Icon TP 3 Surabaya pada Senin (12/4).

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada pengelola gedung dan otoritas terkait karena telah memfasilitasi tempat untuk Rukyatul Hilal di Kota Pahlawan ini.

"Ini sangat pantas dan layak untuk dijadikan tempat pendidikan dan pelatihan untuk melihat rukyatul hilal di setiap awal bulan hijriah," kata Husnul.

Menurutnya hal ini tak lepas dari dukungan Wali Kota Surabaya yang telah membantu dalam memfasilitasi pelaksanaan Rukyatul Hilal. Menurut dia, wali kota mempunyai inisiatif yang luar biasa untuk kepentingan Bangsa dan Negara.

"Mudah-mudahan permohonan nanti akan dikabulkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia, bahwasanya tempat ini dijadikan salah satu titik sebagai tempat Rukyatul Hilal," kata dia.

Baca juga: Pemkot Surabaya fasilitasi pihak sediakan tempat vaksinasi COVID-19
Baca juga: Festival jalur rempah jadi momentum Surabaya jadi kota wisata
Baca juga: Vaksinasi di mal disebut percepat pemulihan ekonomi di Surabaya


 
Pewarta : Abdul Hakim
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021