Toronto (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melakukan pertemuan dwipihak dengan Wakil PM Australia Wayne Swan di sela-sela pertemuan puncak G20, di Toronto, Kanada, Sabtu pagi sekitar pukul 09.00 waktu setempat.

Semula, menurut juru bicara kepresidenan Dino Patti Djalal Presiden dijadwalkan melakukan pertemuan dwipihak dengan Kevin Rudd namun dengan adanya pengunduran diri Kevin Rudd maka delegasi pemerintah Australia dipimpin oleh wakil perdana menteri.

"Presiden akan tetap melakukan pertemuan dwipihak itu sebagai wujud arti penting hubungan Indonesia Australia bagi Presiden, karena masih banyak agenda bilateral juga internasional yang perlu dilanjutkan dengan kerjasama erat," katanya.

Kevin Rudd mengundurkan diri dari posisi pimpinan Partai Buruh dan digantikan oleh Julia Gillard. Seusai dilantik menjadi perdana menteri Australia pada 2007, Kevin Rudd melakukan perjalanan ke Indonesia untuk menghadiri konferensi perubahan iklim UNFCCC di Bali.

Kevin Rudd juga telah melakukan sejumlah kunjungan kerja ke Indonesia selama menjabat. Yudhoyono dan Rudd juga acapkali bertemu di sejumlah forum internasional dimana Indonesia dan Australia terlibat di dalamnya, antara lain PBB, G20. APEC dan EAS.

Rudd, pemimpin Partai Buruh --yang berhaluan kiri-tengah-- meraih banyak suara dalam jajak pendapat baru-baru ini, tapi dukungan buat dia telah merosot setelah perubahan kebijakan serius, termasuk mundur dalam rancangan perdagangan buangan karbon guna memerangi perubahan iklim.

Saat transit di Amsterdam, Belanda, dalam perjalanan menuju Toronto, Presiden Yudhoyono telah melakukan pembicaraan telepon dengan Perdana Menteri baru Australia Julia Gillard.

"Sehubungan dengan apa yang terjadi di Australia, atas nama pemerintah RI, saya ucapkan selamat pada PM Julia atas kepercayaan yang diberikan untuk memimpin Australia," kata Presiden di Bandara Schiphol, Amsterdam.

Presiden berharap hubungan yang baik antara RI dan Australia dapat dilanjutkan dan bahkan menemukan peluang baru kerjasama.

Presiden dengan didampingi oleh Ibu Ani Yudhoyono dan sejumlah menteri kabinet melakukan kunjungan kerja selama 11 hari ke tiga negara, Kanada, Turki, dan Arab Saudi pada 24 Juni hingga 4 Juli.(*)
(T.P008*G003/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010