DPRD Bogor minta Pemkab antisipasi lonjakan harga bahan pokok

DPRD Bogor minta Pemkab antisipasi lonjakan harga bahan pokok

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Wawan Haikal Kurdi. (ANTARA/M Fikri Setiawan)

Cibinong, Bogor (ANTARA) - DPRD Kabupaten Bogor, Jawa Barat meminta pemerintah daerah agar mengantisipasi kelangkaan dan lonjakan harga bahan pokok menjelang bulan Ramadan dan Idul Fitri.

"DPRD sejak Januari telah mengingatkan dan memberi rekomendasi agar ada langkah antisipatif dan skenario yang terukur untuk mengatasi masalah kebutuhan bahan pokok menjelang bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri," ungkap Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Wawan Haikal Kurdi di Cibinong, Bogor, Selasa (6/4).

Pria yang akrab disapa Wanhai itu mengaku khawatir kenaikan harga sejumlah komoditi bahan pokok semakin membuat masyarakat kesulitan memenuhi kebutuhan hidup di tengah pandemi.

Baca juga: Bupati Bogor rumuskan percepatan pemulihan ekonomi di 2022

"Ketersediaan bahan pokok dan kestabilan harga adalah dua hal yang harus dijaga oleh pemerintah, apalagi saat ini ekonomi masyarakat belum sepenuhnya pulih karena dampak pandemi COVID -19," kata politisi Partai Golkar itu.

Menanggali hal itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kabupaten Bogor, Nuradi mengatakan, sampai saat ini pihaknya terus memantau ketersediaan dan kestabilan harga.

Menurutnya, sejauh ini harga komoditi yang sudah mengalami kenaikan baru dari komoditi cabai merah. Kondisi itu membuat Disdagin berencana melakukan operasi pasar jelang Ramadhan.

“Kami khawatir akan terjadi kelangkaan dan kenaikan komoditi jelang puasa. Kami berencana melakukan operasi pasar. Kita akan bekerja sama dengan Perumda Pasar Tohaga,” kata Nuradi.

Baca juga: Ketua DPRD Bogor beri nilai positif kinerja Pemkab Bogor 2020
Pewarta : M Fikri Setiawan
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021