Jakarta (ANTARA) - Harga mata uang kripto ethereum menembus nilai tertinggi yaitu Rp30 juta atau sekitar 2.074 dolar AS dan diprediksi akan terus berlanjut pada beberapa bulan ke depan.

Kenaikan ethereum mencapai tiga kali lipat pada 2021 dimana pada awal tahun dijual sekitar Rp10 juta, namun jika dibandingkan pada awal April 2020 atau secara year to year, kenaikannya sekitar 15 kali lipat. Karena pada April tahun lalu, harga aset kripto ini hanya Rp2 juta.

CEO Indodax Oscar Darmawan di Jakarta, Minggu mengatakan kenaikan ini diprediksi akan terus berlanjut hingga beberapa bulan ke depan, karena ethereum akan melakukan upgrade besar-besaran di pertengahan tahun.

"Ethereum bisa berpotensi terus naik sampai beberapa bulan ke depan. Karena ada upgrade besar di jaringan ethereum,” katanya.

Dia menjelaskan, ethereum akan melakukan upgrade EIP-1559 dimana akan ada beberapa jumlahnya yang akan burn atau dimusnahkan untuk mengurangi pasokan maksimal pada tahun-tahun mendatang.

“Ethereum terus berbenah mengatasi masalah pasokannya yang unlimited atau tidak terbatas. Jika, pasokan ethereum berkurang, maka kemungkinan besar harganya akan meningkat drastis,” jelasnya.

Oscar Darmawan juga menjelaskan beberapa faktor kenaikan harga ethereum yang tembus Rp30 juta, salah satunya adalah keputusan bank terbesar di dunia Visa yang memfasilitasi fitur berbasis blockchain dan crypto di dalam jaringan ethereum.

Perusahaan raksasa pembayaran tersebut sedang mengerjakan program untuk menyelesaikan transaksi dalam stablecoin USD Coin (USDC) melalui jaringan ethereum dan mitranya Crypto.com.

“Ethereum juga merupakan penyedia jaringan untuk lahirnya crypto baru. Ethereum adalah jaringan blockchain yang paling populer. Visa yang membangun jaringan membuat harga ethereum meningkat dan menembus rekor tertingginya Rp30 juta,” katanya.

Selain itu, kenaikan ethereum ini karena maraknya pelelangan berbasis non-fungible token (NFT) yang merupakan pelelangan tercatat dengan skema blockchain.

“NFT adalah sistem pelelangan karya seni dan penemuan teknologi dimana barang biasanya dijual atau ditukarkan dengan ethereum. Ini juga menambah kenaikan harga ethereum karena permintaannya yang meningkat,” katanya.

Ethereum, tambahnya, merupakan kripto terpopuler nomor dua setelah Bitcoin sehingga masyarakat Indonesia bisa memanfaatkan momen ini untuk menyimpannya.

Baca juga: Harga Bitcoin lewati Rp800 juta dan Ethereum Rp26 juta
Baca juga: Investasi ke mata uang kripto minggu lalu capai 245 juta dolar AS
Baca juga: Berapa banyak orang Indonesia yang mengenal mata uang kripto?

Pewarta: Subagyo
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021