Belitung,Babel (ANTARA) - Pelaksanaan ibadah Jumat Agung di berbagai gereja di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berjalan aman dan kondusif.

"Pelaksanaan ibadah Jumat Agung berjalan lancar dan situasi kondusif," kata Kapolres Belitung, AKBP Ari Mujiono melalui Kabag Ops Polres Belitung, Kompol Poltak ST Purba di Tanjung Pandan, Jumat.

Menurut dia, Polres Belitung menerjunkan sebanyak 132 personel gabungan TNI/Polri bersenjata lengkap guna mengamankan sembilan gereja di wilayah itu yang menyelenggarakan ibadah Misa Kamis Putih serta Jumat Agung.

"Pengamanan di masing-masing gereja berkisar antara delapan hingga sembilan personel," ujarnya.

Ia menambahkan, guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan maka setiap barang bawaan jemaat juga diperiksa sebelum memasuki gereja.

"Jemaat beserta barang bawaannya juga diperiksa menggunakan "metal detector"," katanya.

Ia menyebutkan, sebelumnya Polres Belitung meningkatkan pengamanan di daerah itu selama pelaksanaan rangkaian ibadah Paskah berlangsung.

"Kami mengimbau umat Kristiani tidak panik dan khawatir berlebihan menyikapi situasi yang terjadi akhir-akhir ini kami Polri siap memberikan jaminan rasa aman kepada masyarakat sehingga dapat melaksanakan ibadah dengan tenang," katanya.

 

Pewarta: Kasmono
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021