Ade Yasin pamerkan inovasi Pemkab Bogor

Ade Yasin pamerkan inovasi Pemkab Bogor

Bupati Bogor Ade Yasin di kantornya, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ANTARA/HO-Pemkab Bogor)

Cibinong, Bogor (ANTARA) - Bupati Bogor Ade Yasin memamerkan inovasi
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat, ke Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Dalam Negeri (BPSDM Kemendagri).

"Saya dorong di semua tingkatan, baik di sekolah, universitas dan masyarakat untuk mengembangkan inovasi daerah agar kita bisa mempertahankan prestasi Kabupaten Bogor sebagai kabupaten terinovatif di Indonesia,” ungkapnya di Cibinong, Bogor, Rabu.

Pada "Diklat Manajemen Strategi Pengembangan Inovasi Daerah Berbasis Sektor Unggulan Wilayah Angkatan III Tahun 2021" yang dilaksanakan secara virtual, Ade Yasin menyebutkan inovasi yang baru dilakukan Pemkab Bogor, yaitu bekerjasama dengan Universitas Padjajaran memberikan beasiswa pascasarjana ASN muda.

"Kabupaten Bogor ini cukup besar, terbanyak penduduknya dan wilayahnya juga luas. Kita tentunya butuh tenaga ASN yang handal, produktif dan inovatif. Ada 20 ASN muda maksimal usia 40 tahun yang akan kita sekolahkan tahun ini,” katanya.

Baca juga: Bupati Bogor: Jalur Puncak II mampu turunkan 50 persen macet Puncak
Baca juga: Ade Yasin paparkan manfaat KEK Lido dalam kegiatan "Boling"
Bupati Bogor Ade Yasin saat meninjau lahan calon Jalur Puncak II, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ANTARA/HO-Pemkab Bogor)
Inovasi lainnya adalah strategi dalam perencanaan melalui sinergi "pentahelik" yang melibatkan lima komponen, yaitu media sebagai sarana sosialisasi, bisnis melalui CSR, akademisi universitas dan lembaga penelitian, pemerintah sebagai fasilitator serta masyarakat.

Untuk pembinaan inovasi dilakukan melalui regulasi inovasi seperti SK Bupati tentang Inovasi, Perda Nomor 4 tahun 2019, Perbup tentang Road Map Sistem Inovasi Daerah, SK Bupati tentang Dewan Riset Daerah dan Surat Edaran Bupati tentang Inovasi Daerah, Kerja Sama Inovasi dan Budaya Inovasi.

Inovasi yang tengah dijalankan, yaitu bernama "Bogor Leaders Talk", yaitu lomba penyampaian aspirasi bagi kaum muda kepada Pemkab Bogor melalui rekaman video pribadi.

“Kita libatkan BEM se-Bogor Raya sebagai 'leader' untuk bicara program pembangunan Kabupaten Bogor. 'Bogor Leaders Talk' ini jadi wadah musrenbang pemuda bagaimana Kabupaten Bogor di masa depan termasuk merumuskan program yang dibutuhkan pemuda saat ini,” katanya.
Baca juga: Ade Yasin paparkan manfaat KEK Lido dalam kegiatan "Boling"
Baca juga: Bupati Bogor siap lapor PUPR usai tinjau lahan calon Jalur Puncak II
Pewarta : M Fikri Setiawan
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021