Ketua DPD RI: Hari Raya Nyepi sebagai momen menemukan makna kehidupan

Ketua DPD RI: Hari Raya Nyepi sebagai momen menemukan makna kehidupan

Pecalang atau petugas pengamanan adat Bali memantau situasi saat Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1943 di wilayah Desa Sumerta Kelod, Denpasar, Bali, Minggu (14/3/2021). Pengamanan tersebut untuk menjamin keamanan dan kelancaran umat Hindu dalam menjalani "catur brata penyepian" dengan tidak bekerja (amati karya), tidak bepergian (amati lelungan), tidak menyalakan api (amati geni) dan tidak bersenang-senang (amati lelanguan) selama 24 jam. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/aww.

Jakarta (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti berharap perayaan Hari Raya Nyepi bisa dijadikan momen untuk menemukan makna kehidupan.

La Nyalla juga menyampaikan selamat merayakan Hari Raya Nyepi kepada umat Hindu.

"Sebagai Ketua DPD RI, saya mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi untuk seluruh umat Hindu. Nyepi artinya sepi, dengan filosofi umat Hindu memohon kepada Tuhan, Ida Sang Hyang Widhi Wasa, untuk melakukan penyucian Buana Alit (manusia) dan Buana Agung (alam dan seluruh isinya)," kata La Nyalla dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA, di Jakarta, Minggu.

Senator asal Jawa Timur itu menuturkan manusia akan mengintrospeksi diri dalam keheningan, dengan menjauh dari hiruk pikuknya kehidupan dan menjauh dari semua nafsu atau keserakahan.

Baca juga: Ratusan umat Hindu di Belitung jalani Catur Brata Penyepian

"Umat Hindu seperti umat beragama lainnya, memiliki waktu perayaan keagamaan khusus. Nyepi merupakan perenungan diri, dengan sepi diharapkan dapat menemukan makna-makna suci kehidupan agar kita tidak terperosok pada kesalahan yang sama," tuturnya.

Mantan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur itu mengatakan Hari Raya Nyepi harus dimaknai dengan baik.

"Dengan semangat Nyepi, bangsa ini harus introspeksi. Dengan makna sepi kita diharapkan menemukan peta jalan menuju kebaikan masa bangsa lepas dari segala bentuk ancaman," ujar La Nyalla yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) itu.

Baca juga: Menag: Jadikan Nyepi sebagai momentum memuliakan alam
Baca juga: Sebanyak 201 napi di LP Kerobokan Bali terima remisi Hari Raya Nyepi
Baca juga: Ari Dwipayana: Nyepi di era pandemi jadi momentum bangkit
Pewarta : Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021