Humaniora sepekan, setahun COVID-19 dan kata Menag soal haji 2021

Humaniora sepekan, setahun COVID-19 dan kata Menag soal haji 2021

Dokumentasi - Jamaah haji melakukan tawaf, mengelilingi kabah, di Masjidil Haram dengan menjaga jarak pada ibadah haji tahun 2020 di Kota Mekah, Arab Saudi. ANTARA/REUTERS/Saudi Ministry of Media via / La/pri.

Jakarta (ANTARA) - Dalam sepekan, terdapat beberapa berita humaniora yang menarik perhatian pembaca, mulai dari ditemukannya mutasi virus baru COVID-19 hingga Pemerintah RI masih menunggu keputusan Pemerintah Arab Saudi dalam pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

1. Setahun COVID-19, dua kasus mutasi virus baru ditemukan di Indonesia

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono mengonfirmasi temuan dua kasus mutasi virus jenis baru bernama B117-UK yang ditemukan di Indonesia tepat setahun peringatan COVID-19, Senin (1/3) malam.

Selengkapnya di sini

2. Dokter sarankan konsumsi telur sebagai sumber gizi lengkap dan murah

Praktisi kesehatan anak dr. Tirza Arif Santosa, SpA menyarankan agar masyarakat lebih banyak mengonsumsi telur sebagai sumber gizi lengkap dan relatif murah untuk memenuhi kebutuhan gizi harian khususnya untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. "Kalau bicara telur merupakan salah satu sumber protein yang paling murah dengan gizi yang sangat lengkap," kata Tirza.

Selengkapnya di sini

3. QS WUR tempatkan IPB terbaik di Asia Tenggara

Lembaga pemeringkatan perguruan tinggi QS World University Ranking (WUR) menempatkan IPB sebagai perguruan tinggi terbaik di bidang pertanian dan kehutanan di kawasan Asia Tenggara berdasarkan bidang keilmuan pada 2021.

Pada pemeringkatan tersebut, IPB University ditempatkan sebagai perguruan tinggi peringkat ke-62 dunia di bidang pertanian dan kehutanan, sekaligus sebagai peringkat terbaik di kawasan Asia Tenggara.

Selengkapnya di sini

4. Persadia tekankan pentingnya deteksi dini prediabetes orang obesitas

Ketua Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) wilayah Jakarta, Bogor, Bekasi, Depok, Prof. Dr. Mardi Santoso menekankan pentingnya deteksi dini prediabetes pada orang-orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas.

"Perlunya screening prediabetes pada orang obesitas dan overweight. Deteksi dini penting sekali," kata Prof. Mardi.

Selengkapnya di sini

5. Menag: Haji 2021 masih tunggu keputusan Arab Saudi

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas menyatakan pelaksanaan ibadah haji tahun 2021 masih menunggu keputusan dari Pemerintah Arab Saudi. "Pemerintah Arab Saudi belum memutuskan apakah haji tahun ini dibuka atau tidak," katanya.

Selengkapnya di sini
Pewarta : Anita Permata Dewi
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021