Apresiasi IYBLA 2021, Erick Thohir: Generasi muda penggerak perusahaan

Apresiasi IYBLA 2021, Erick Thohir: Generasi muda penggerak perusahaan

Tangkapan layar - Menteri BUMN Erick Thohir pada saat memberikan sambutan pada ajang Indonesia Young Business Leaders Award (IYBLA) 2021 yang diselenggarakan secara virtual, Kamis (18/2/2021). ANTARA/Risbiani Fardaniah/am.

Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir menyebut generasi muda adalah penggerak baik sebagai konsumen maupun sumber daya manusia di perusahaan dan mengapresiasi ajang Indonesia Young Business Leaders Award (IYLBA) 2021 yang bertujuan memacu munculnya pemimpin bisnis muda berprestasi.

Oleh karena itu, menurut Erick Thohir, diperlukan pemimpin muda atau representasi generasi muda dalam merancang produk dan solusi, maupun menentukan kebijakan perusahaan.

"Karenanya salah satu terobosan yang dilakukan kementerian BUMN adalah memberikan kesempatan generasi milenial di jajaran direksi dengan target 5 persen dari seluruh direksi yang ada di BUMN," kata Menteri BUMN Erick Thohir dalam webinar IYLBA 2021 Majalah SWA di Jakarta, Kamis.

Pada ajang virtual bertema ‘Next Generation Leaders for a Great Future Business’ itu, Erick Thohir juga mengungkapkan karakter generasi muda yang dicari untuk menjadi pemimpin, khususnya di BUMN yaitu mereka yang tidak hanya memiliki kemampuan teknis dan leadership, tapi memiliki karakter dan nilai luhur yang kuat serta mampu menggerakkan perubahan untuk kemajuan usahanya dan juga Indonesia.

“Di masa yang sedemikian dinamis karena VUCA (volatile, uncertainty, complexity, ambiguity) menuntut setiap perusahaan untuk dapat adaptif dan memiliki keunggulan kompetitif. Kita memerlukan semangat ingin terus belajar, mudah beradaptasi dan selalu mencari terobosan yang dimiliki generasi muda,” kata Erick Thohir.

Kemal E Gani selaku Group Chief Editor SWA Media menyatakan akan selalu mendukung ikhtiar lahirnya pemimpin-pemimpin bisnis muda yang handal karena hal ini merupakan salah satu program prioritas di SWA Media.

“Kami konsisten mengadakan program terkait pemimpin bisnis muda tiap tahunnya. Selain IYBLA, kami juga rutin menjalankan program seperti Indonesia Young Women Future Business Leader, Indonesia Future Business Leader, dan sebagainya. Kami yakin, dengan semakin banyak jumlah business leaders handal dan berkarakter baik di negeri kita, maka perusahaan, semua karyawan, masyarakat, stakeholders lainnya dan dunia bisnis juga akan peroleh manfaat,” kata Kemal.
 
Webinar bertema ‘Next Generation Leaders for a Great Future Business’ yang diselenggarakan secara virtual SWA Media bekerja sama dengan PLN, Kamis (18/2) (ANTARA/Risbiani Fardaniah)


Sementara itu pada kesempatan yang sama Dirut PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini mengatakan kemampuan perusahaan menyesuaikan diri dengan lingkungan bisnis yang berubah adalah faktor penting agar bisa bertahan, sehingga diperlukan transformasi budaya kerja perusahaan, disamping leadership.

“Seorang pemimpin yang baik akan mampu menggerakkan hati, pikiran, dan tangan semua orang yang ada di organisasinya,” ujar Zulkifli

IYLBA 2021 merupakan ajang apresiasi untuk pemimpin muda di bidang bisnis berprestasi yang diselenggarakan SWA Media bekerja sama dengan PLN.

Pada ajang pertama ini IYBLA 2021 memberi penghargaan untuk dua kategori yaitu Kategori Pemimpin Fungsi dan Kategori Pemimpin Unit Bisnis.

Adapun peraih penghargaan IYBLA 2021 untuk Kategori Pemimpin Fungsi antara lain Ganesa Rigshady Soepraptoyo (Deputy VP Pelayanan Petikemas PT Pelabuhan Indonesia II), dan A Wahid Wijaya (AVP Culture Transformation PT Bank Rakyat Indonesia Tbk).

Sedangkan Kategori Pemimpin Unit Bisnis antara lain Reza Aulia Akbar (Founder dan CEO Science Hunter Indonesia & Komisaris PT Riset Prestasi Indonesia), Eva Bachtiar (Founder & CEO Garda Pangan), dan Muhammad Arif Susanto (Founder & CEO PT Kreasi Karya Raya/Dus Duk Duk Grup).

Acara penganugerahaan IYBLA 2021 diadakan secara virtual pada Kamis 18 Februari 2021.
Pewarta : Risbiani Fardaniah
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2021