saat ini, zona hijau untuk kasus COVID-19 di Jakarta Pusat sudah terealisasi 83.06 persen
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat menargetkan  zona hijau 100 persen dari kasus COVID-19 di delapan kecamatan wilayahnya akan tercapai pada Maret 2021.

"Insya Allah bulan depan​ ​​​​​​Jakarta Pusat bisa zona hijau seluruhnya" kata  Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi usai acara pengukuhan 12.000 relawan COVID-19 tingkat RT bersama jajaran Forkompimda di kawasan JIExpo Kemayoran, Kamis.

Baca juga: Forkompimda Jakpus kukuhkan 12 ribu relawan COVID-19 tingkat RT

Menurut Irwandi, berdasarkan data yang dimiliki Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat saat ini, zona hijau untuk kasus COVID-19 di wilayahnya sudah terealisasi 83.06 persen sementara untuk sisanya masuk ke dalam zona kuning.

Berkaca dari temuan itu,  pihaknya optimis untuk mengupayakan zona hijau kasus COVID-19 di Jakarta Pusat dapat terealisasi pada Maret 2021.

Baca juga: 120 keluarga korban COVID-19 belum dapat santunan di Jakarta Pusat

"Dalam waktu dekat, zona hijaunya naik dari 83.06 persen jadi 90 persen. Jadi target kami dari unsur tiga pilar (Pemerintah Kota Jakarta Pusat, TNI dan Polri), target kami bulan depan semua sudah zona hijau," ujar Irwandi.

Ia mengharapkan upaya yang saat ini tengah dikerjakan oleh tiga pilar dengan menghidupkan kembali fungsi relawan COVID-19 di tingkat RT, pemantauan Satgas COVID-19 di tingkat RW dan pengawasan oleh polisi RW, hingga sidak yang rutin dilakukan oleh tiga pilar di tingkat kota bisa didukung oleh kepatuhan masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan.

Baca juga: Wagub: Kasus COVID-19 di DKI Jakarta tinggi karena pusat Indonesia

"Kita terus berusaha menekan penularan. Masyarakat juga kita minta dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro ini disiplin. Kalau tidak disiplin nanti balik lagi (ke zona kuning)," ujar Irwandi.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021