akan dilatih terlebih dahulu di Polda Metro Jaya sebelum bertugas
Jakarta (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Selatan menyiapkan petugas khusus yang bertugas untuk mengawal dan mendukung program vaksinasi COVID-19 dengan melakukan pengawalan mulai dari pendistribusian hingga vaksin disuntikkan kepada penerima.

"Sedang kita siapkan untuk diseleksi, sedang lakukan pendataan, dan pelatihan petugas khususnya," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Azis Andriansyah usai rapat koordinasi pelaksanaan PPKM Tahap II di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Selasa.

Baca juga: Jakarta Barat upayakan sosialisasi vaksin COVID-19 ke pedagang pasar

Azis menyebutkan, seluruh anggota yang bertugas mengawal dan mengamankan distribusi vaksin akan dilatih terlebih dahulu di Polda Metro Jaya sebelum bertugas.

Menurut dia, perlu keterampilan khusus bagi anggota yang terlibat dalam mendukung suksesnya program vaksinasi COVID-19.

"Untuk petugas vaksin masih perlu pelatihan di tingkat Polda," katanya.

Baca juga: Di DKI Jakarta, penolak vaksin didenda Rp5 juta

Lebih lanjut Azis mengatakan keterlibatan anggota Polri tersebut sesuai instruksi dari Kapolri Jenderal Lystio Sigit Prabowo yang mengerahkan seluruh jajaran di wilayah untuk melakukan pengawalan dan mengamankan distribusi vaksin.

Pelibatan Polri juga atas permintaan pemerintah pusat menyusul telah diterbitkannya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 14 Tahun 2021 yang menekankan kewajiban masyarakat untuk mengikuti vaksinasi COVID-19.

Pepres tersebut menetapkan sanksi administrasi bagi masyarakat yang menolak atau menghalangi vaksinasi COVID-19.

"Jadi ada petugas khusus yang kita latih, bukan Bhabinkamtibmas yang kita libatkan," kata Azis.

Baca juga: Wagub jamin ASN DKI tak salah soal vaksinasi Helena Lim

Menurut dia, Bhabikamtibmas yang ada di tingkat Polsek bertugas melaksanakan tindakan kuratif di Polsek masing-masing seperti rapid test dan swab antigen yang dilaksanakan setiap Senin dan Kamis.

Sementara itu, program vaksinasi saat ini telah memasuki tahap II yang menargetkan kelompok masyarakat yang menyasar pedagang pasar.

Program vaksinasi massal telah dimulai oleh pemerintah sejak Januari 2021 dengan tujuan  mencapai kekebalan komunitas.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021