Peruri sangat bangga bisa bekerja sama dengan STIE & STMIK Mikroskil dalam mewujudkan ijazah dan transkrip digital kepada civitas akademika dan alumni.
Jakarta (ANTARA) - Perum Peruri mendukung STMIK-STIE Mikroskil Medan, Sumatera Utara, dalam penerbitan ijazah dan transkrip nilai digital untuk meminimalisasi maraknya penyalahgunaan dan manipulasi data seiring berkembangnya teknologi dan perangkat elektronik.

Dukungan tersebut ditunjukkan saat peluncuran serta penyerahan ijazah dan transkrip nilai digital secara daring melalui sambungan aplikasi video conference kepada mahasiswanya yang lulus pada 2020.

Head of Digital Business Division Peruri Farah mengatakan di Jakarta, Kamis,  keputusan Mikroskil dalam menggandeng Peruri merupakan langkah yang tepat karena Peruri merupakan satu-satunya BUMN sebagai Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) di bawah koordinasi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kominfo).

"Peruri sangat bangga bisa bekerja sama dengan STIE & STMIK Mikroskil dalam mewujudkan ijazah dan transkrip digital kepada civitas akademika dan alumni. Layanan Peruri Sign dan Peruri Tera dari kami semata-mata untuk menjamin keaslian dan keabsahan data serta mendukung transformasi digital di bidang pendidikan akibat pandemi Covid-19," kata Farah dalam keterangan tertulis.

Baca juga: Tembus pasar internasional, Peruri ekspor paspor ke Sri Lanka

Dalam institusi pendidikan, salah satu bentuk kecurangan yang ada yaitu pemalsuan ijazah dan transkrip nilai dalam bentuk fisik maupun elektronik.

Untuk mengantisipasi hal negatif tersebut, STMIK-STIE Mikroskil di Medan menggandeng Peruri untuk menerbitkan ijazah dan transkrip nilai digital yang aman dan bebas dari pemalsuan.

Farah menjelaskan bahwa ijazah dan transkrip nilai yang dikeluarkan Peruri menggunakan format hybrid dalam bentuk cetakan fisik dan digital.

Baca juga: Dorong aktivitas riset dan inovasi, Peruri luncurkan wadah riset PRIfA

Peruri menyediakan layanan yang terintegrasi antara produk cetakan dengan sistem digital untuk menyesuaikan bahwa informasi yang terdapat pada ijazah dan transkrip nilai tersebut adalah sah dan benar.

Peruri juga memastikan bahwa segala informasi maupun tanda tangan yang tertera di dalam ijazah dan transkrip nilai tersebut adalah asli. Keaslian dari tanda tangan yang tertera pada ijazah dan transkrip nilai menggunakan layanan Peruri Sign serta stempel digital Peruri Tera untuk memastikan bahwa dokumen tersebut dikeluarkan dari instansi yang berwenang.

Ijazah dan transkrip nilai digital tersebut nantinya dapat digunakan untuk melamar pekerjaan. Para perusahaan juga bisa mengidentifikasi atau mengecek keaslian informasi dari ijazah dan transkrip tersebut menggunakan aplikasi khusus dari Peruri.

"Peruri selalu berkomitmen mendukung instansi pendidikan untuk melakukan program digitalisasi guna mewujudkan entitas yang efisien dan berupaya menghindari pemalsuan serta penyalahgunaan," kata Farah.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021