Jakarta (ANTARA) - Ganda putri andalan Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu meraih kemenangan atas pasangan Korea Selatan Lee So Hee/Shin Seung Chan pada laga pembuka ajang BWF World Tour Finals 2020, Rabu.

Tampil sebagai unggulan pertama dalam pertandingan yang berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Thailand itu, Greysia/Apriyani menang rubber game atas Lee/Shin dengan skor 21-17, 22-24, 21-15.

Pada gim pertama, Greysia/Apriyani lebih mendominasi permainan. Sementara pasangan asal negeri ginseng itu tidak banyak memberikan perlawanan. Greysia/Apriyani terus memimpin kendati Lee/Shin menempel ketat.

Baca juga: The Daddies kantongi kemenangan di laga pertama penyisihan BWF Finals

Setelah kedudukan imbang 11-11, langkah Greysia/Apriyani kian mulus hingga akhirnya unggul pada gim pertama dengan perolehan 21-17.

Keadaan berubah secara signifikan pada gim kedua. Lee/Shin yang merupakan pasangan unggulan ketiga itu meningkatkan performanya dengan serangan-serangan yang jauh lebih agresif dan mematikan dibanding gim pertama.

Akan tetapi, Greysia/Apriyani mampu menandingi mereka. Lee/Shin memimpin 8-6 hingga 14-13. Namun kemudian wakil Indonesia itu mampu menyamakan kedudukan menjadi 14-14 dan unggul hingga 20-19.

Namun, keduanya lagi-lagi imbang 20-20 dan Lee/Shin lebih sigap mengamankan poin-poin berikutnya, sehingga memenangi gim kedua dengan skor 24-22.

Pada gim penentu, sepertinya Greysia/Apriyani sudah bisa membaca pola permainan lawan. Mereka menemukan celah untuk menembus pertahanan Lee/Shin sekaligus mencuri poin darinya.

Baca juga: Ganda Taiwan ingin lawan Ahsan/Hendra di final BWF World Tour Finals

Terbukti, setelah imbang 3-3, Greysia/Apriyani terus melaju. Keadaan hampir sama seperti gim pertama dengan Lee/Shin yang mengekor di belakang Greysia/Apriyani, namun tak mampu mengunggulinya.

Tak terkejar lagi, akhirnya Lee/Shin bertekuk lutut dan Greysia/Apriyani menang dengan skor penutup 21-15.

Berdasarkan catatan BWF, laga tersebut merupakan pertemuan ketujuh bagi kedua pasangan itu. Dari enam pertemuan sebelumnya, Greysia/Apriyani sudah mengantongi empat kemenangan.

Padahal jika ditengok dari segi peringkat, Lee/Shin lebih diunggulkan karena saat ini berada di rangking keempat dunia, sedangkan Greysia/Apriyani bertengger di urutan kedelapan.

Kedua pasangan unggulan itu terakhir bertemu di babak semifinal ajang Toyota Thailand Open 2021 yang baru saja digelar pekan lalu. Waktu itu, Greysia/Apriyani kalah dalam dua gim langsung dengan skor 16-21, 18-21.

Baca juga: Jadwal lima wakil Indonesia di BWF World Tour Finals 2020 hari pertama
Baca juga: Praveen/Melati harus berjuang ekstra di BWF World Tour Finals 2020


Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021